BATENG GIATKAN TANAM HOLTIKULTURA

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Tanpa disadari, konsumsi kebutuhan bumbu dapur salah satu penyumbang angka inflasi di Bangka Belitung. Tingginya tingkat konsumsi komoditas jenis tertentu mendorong harga berfluktuatif.

Bacaan Lainnya

“Tingginya harga komoditas hortikultura bisa mendorong tingginya inflasi. Salah satu solusinya, dengan cara menanam bukan seperti sekarang, membeli yang barangnya didatangkan dari luar daerah,” kata Wakil Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh belum lama ini.

Ia menjelaskan, menanam tanaman hortikultura tidak harus memiliki lahan luas, bahkan perkarangan rumah bisa dimanfaatkan atau menggunakan wadah berupa pot.

“Kalau persoalan struktur tanah tidak jadi masalah, kendati ini daerah penghasil timah namun masih tetap layak dan subur untuk bertanam, hanya tinggal kemauan saja,” katanya.

Ibnu menambahkan, warga di Bangka Tengah, sudah mengembangkan tanaman hortikultura. Jenis cabai dan bawang yang memang menjadi bahan pokok konsumsi masyarakat yang menjadi pilihan.

“Ini tentu harus kami dukung dan terus diberdayakan agar lebih menekuninya sehingga nantinya, hasil produksi bukan hanya untuk kebutuhan rumah tangga saja tetapi bisa dijual untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. (L.H)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan