124 ORANG BPD KABUPATEN BANGKA IKUTI BIMTEK

  • Whatsapp

pembukaan-bimtek-bpd pengalungan-tanda-peserta-bimtek-bpd-oleh-bupati-bangka

KABARBANGKA.COM — Sebanyak 124 orang ketua dan wakil ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kabupaten Bangka mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) pembekalan yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM Pemdes), Rabu (19/10/2016) di ruang pertemuan Hotel Novilla, Sungailiat.

Bacaan Lainnya

Bupati Bangka, H. Tarmizi H. Saat, dalam sambutannya mengatakan, tugas BPD adalah memberikan masukan ke pemerintah desa sebagai penyalur aspirasi dan juga mampu membangun kapasitas masyarakat sehingga semua potensi, peluang, kendala dan tantangan dapat dikelola dengan sebaik-baik-baiknya sehingga menghasilkan kemajuan masyarakat dan desa.

‘’Beri masukan kepada kepala desa dan juga beri informasi kepada masyarakat seperti ada dana 200 Milyar dari dana LPDB di Bank BRI untuk pengembangan UMKM. Jadi, untuk pengembangan singkong rakyat, lada, dan pertanian lainnya bisa diajukan dengan bunga rendah dan syarat tertentu dari Bank BRI,’’ungkap Bupati Bangka.

Pembekalan bagi BPD se Kabupaten Bangka ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan kemampuan dalam tugas dan fungsinya, baik sebagai lembaga kemasyarakatan yang ada di desa maupun sebagai mitra kerja pemerintahan desa.

‘’Ikuti kegiatan ini dengan sebaiknya dan dapat menggali dan menimba ilmu dan keterampilan untuk kemajuan desa,’’tutur Bupati Bangka.
Sementara itu, Toni Ali, Sekretaris BPM Pemdes, dalam laporannya mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam mengelola administrasi BPD yang diikuti 124 ketua dan wakil ketua BPD se Kabupaten Bangka.

Materi yang diberikan dalam BIMTEK tersebut adalah tugas pokok dan fungsi BPD, tata cara penyusunan Tatib BPD, mekanisme pengisian anggota BPD, mekanisme penetapan pengesahan dan penetapan anggota BPD, mekanisme kerja BPD, mekanisme penggantian anggota dan pimpinan BPD, tata cara menggali menampung menghimpun merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat, hubungan kerja kepala desa dengan BPD, dan pengawasan kinerja kepala desa.

‘’Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dengan pemateri dari Ditjen Bina pemerintahan desa dan tenaga pengajar dari Pemkab Bangka menggunakan metode diskusi curah pendapat,’’jelas Toni.

Dalam pembukaan Bimtek yang dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Arman, Kabag Humas, PDE dan Santel Setda Bangka, Boy Yandra, para perwakilan SKPD di lingkungan Pemda Bangka tersebut, Bupati Bangka mengalungkan secara simbolis Id Card kepada 2 orang peserta yang diikuti seluruh peserta. (Edo/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan