185 Peserta Ikuti Karnaval HUT RI Ke- 72 di Sungailiat

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Bupati Bangka Tarmizi Saat melepas peserta karnaval HUT RI ke 72 di Sungailiat, Senin (21/8) di Jalan Pemuda Sungailiat.

Bacaan Lainnya

Peserta dilepas pukul 07.45 wib, waktu pelepasan dipercepat menurut Bupati ia tidak ingin kegiatan karnaval baru diselesaikan malam hari akibat banyaknya peserta. Hal itu diutarakannya usia melakukan pengibaran bendera start.

“ Saya menyediakan hadiah di panggung kehormatan untuk peserta karnaval maupun masyarakat yang berhasil menjawab pertanyaan,” ujarnya seraya berlalu meninggalkan garis start menuju panggung kehormatan.

Barisan pertama karnaval yakni drum band SMA Setia Budi Sungailiat diikuti barisan lainnya yakni peserta karnanal non kendaraan (jalan kaki) hingga mobil hias. Bersama dengan itu ditempat terpisah, peserta karnaval merupakan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAU) diberangkat dari depan stadion OROM Sungailiat untuk jarak yang lebih pendek yakni sekitar 200 meter dari teribu kehormatan dan berakhir di lapangan Taman Sari Sungailiat, berjarak sekitar 200 meter setelah dari panggung kehormatan. Sedang untuk pelajar SD, SMP, SMA dan umum start dari jalan Pemuda melalui jalan Jend. Sudirman dan berakhir di eks Terminal Bus Sungailiat berjarak sekitar 4 km.

Peserta karnaval terdiri dari 67 peserta non kendaraan, 31 sepeda hias, 28 motor hias dan 59 mobil hias. Berbagai tema yang diusung para peserta karnaval dari kebhinekaan yang menampilkan pakaian adat dari seluruh Indonesia, kebersihan, lebah hingga 38 program strategis Pemkab Bangka. Para peserta setelah menempuh rute setengah perjalan sekitar 2 km akan memberi hormat meupun menggelar atraksi saat melintas panggung kehormatan, yang ditempati para pejabat di kabupaten Bangka diantaranya Bupati Bangka Tarmizi Saat, Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Kapolres Bangka, ketua Tim Penggera PKK kabupaten Bangka Hj Mina Tarmizi dan undangan lainnya.

Kesempatan itu Bupati Bangka dan pejabat lainnya memberikan quis berhadiah dengan sejumlah pertanyaan yang disampaikan disela – sela berlangsungnya karnaval, yang disambutkan warga dengan penuh antusias serta dengan suka cita dapat memperoleh bingkisan.

Sementara itu 2 jam setelah para peserta meninggalkan garis start, sebelumnya cuaca cukup terik berubah seketika turun hujan beberapa menit. Kondisi cuaca yang berubah – ubah tak menyurutkan semangat para peserta karnaval untuk melanjutkan perjalanan hingga garis fhinis.

Pelaksanaa Karnaval merupakan hari ketiga, rangkaian kegiatan meneriahkan HUT RI ke 72 di Sungailiat, setelah dua hari sebelumnya Sabtu (19/1) berlangsung parade drumband dan Minggu (20/8) Pawai Indah.

Seluruh rangkaian karnaval Hut RI tahun ini dapat diselesaikan sekitar pukul 15.00 Wib, para peserta sudah memasuki garis fhinis. (Rus/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan