Diklatpim III Media Membentuk ASN Profesional

  • Whatsapp

IMG-20160823-WA0000 IMG-20160823-WA0001

KABARBANGKA.COM – Pangkalpinang

Muat Lebih

Sumber daya manusia khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki kemampuan , keterampilan dan pengetahuan sangat diperlukan di Era Reformasi Birokrasi saat ini dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya.

Peningkatan kemampuan dapat berupa kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik yang dapat diperoleh melaui media pendidikan formal, informal maupun pendidikan kedinasan.

“Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat tiga salah satu bentuk pembinaan dalam membentuk sosok Aparatur Sipil Negara yang profesional,” kata Sahirman Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, Ketika mewakili Gubernur Provinsi Bangka Belitung menghadiri sekaligus menutup pelaksanaan kegiatan Diklatpim III angkatan XVIII di gedung pertemuan Badan Diklat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Air Itam Pangkalpinang, Selasa (23/08/2016).

Jalur pendidikan dan pelatihan kepemimpinan menurut Sahirman merupakan salah satu bentuk pembinaan yang mengarah pada upaya peningkatan sikap dan semangat pengabdian kepada mastarakat, bangsa dan negara serta peningkatan kompetensi teknis kepemimpinan dan peningkatan efisiensi, selektifitas dan kualitas pelaksanaan tugas.

Sahirman juga menegaskan bahwa Diklatpim III merupakan pembekalan yang komprehensif, dan bertujuan untuk membentuk karakter disiplin dan etika sebagai ASN yang memiliki peranan penting dan strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

“Hasil dari diklat ini diharapkan dapat membentuk figur aparatur pemerintah yang cerdas, terampil, jujur dan bersih serta sadar akan tanggungjawab sebagai abdi negara dan abdi masyarakat” ujar Sahirman.

Diakhir sambutan Gubernur yang dibacakan oleh Sahirman berharap agar para peserta yang telah selesai melaksanakan Diklatpim III ini dapat memperoleh pemahaman tentang tugas dan peranannya sebagai agen pembaharuan yang memiliki cara berpikir, bersikap dan bertindak secara benar, dan tepat.

“Saya berharap para peserta dapat mengimplementasikan proyek perubahan yang telah dibuat menjadi program yang berguna bagi SKPD dan para Stakeholder dan selalu berpihak pada kemaslahatan rakyat” pinta Sahirman.

Pada kesempatan yang sama pula, Syafrudin Anwar, SH Kepala Bidang Teknis Fungsional dalam laporannya mengatakan pelaksanaan diklat PIM tiga berlangsung dari tanggal 28 April 2016 hingga 23 Agustus 2016 bertempat di Badan Diklat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Air itam pangkalpinang.

“Pelaksanaan kegiatan Diklatpim III dilaksanakan dengan jumlah jam pembelajaran sebanyak 857 jam pelajaran dengan perincian jam pelajaran (jp) yakni 254 jp untuk pembelajaran klasikal, dan 603 jp non klasikal” ujarnya.

Ia juga mengatakan ada sebanyak 37 orang peserta yang mengikuti Diklatpim III angkatan XVIII ini, dimana 33 orang dinyatakan lulus, dua orang lulus bersyarat dan dua orang dinyatakan tidak lulus dikarenakan mengundurkan diri.

“Dari 37 orang, yang mendapat predikat kelulusan sangat memuaskan sebanyak 18 orang , predikat memuaskan 8 orang, cukup memuaskan 7 orang, kurang memuaskan sebanyak 1 orang dan tidak memuaskan sebanyak 3 orang” jelasnya.

Pelaksanaan penutupan kegiatan diklat kepemimpinan tingkat III angkatan XVIII dihadiri juga oleh Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung. (cdr/humasprobabel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *