Masyarakat Tionghua Tunas Kelapa Gelar Sembayang Rebut

  • Whatsapp

pengurus kelenteng siong Hin Cin, Hendri & Kaling Tunas Kelapa Surya Timur Sliat, Asril Johan

KABARBANGKA.COM – Sungailiat

Muat Lebih

Masyarakat Tionghua Lingkungan Tunas Kelapa Kelurahan Surya Timur Kecamatan Sungailiat mengelar peribadatan sembayang rebut, di Kelenteng Siong Hin Cin Lingkungan Tunas Kelapa Kelurahan Surya Timur Kecamatan Sungailiat, Selasa malam (16/08/2016).

Selain mengelar sembayang ribut, juga dilaksanakan pengukuhan pengurus Kelenteng Siong Hin Cin Lingkungan Tunas Kelapa oleh Kepala Lingkungan Tunas Kelapa, Asril Johan.

” Kegiatan ritual telah dilaksanakan setiap tahun sejak kelenteng ini dibangun, dan kegiatan ini, dilaksanakan dengan dana dari masyarakat sekitar, jadi kegiatan ini dari masyarakat dan untuk masyarakat,” ujar Hendri selaku pengurus Kelenteng Siong Hin Cin kepada wartawan Selasa malam (16/08/2016).

Hendri selaku pengurus Kelenteng Siong Hin Cin, mengatakan pelaksanaan Sembayang Rebut, ada keleteng yang menyelenggarakan bertepatan dengan bulan tujuh tanggal 14 dan juga ada yang bulan tujuh tanggal 15, perhitungan berdasar sesuai kalender Cina. Selain melaksanakan ritual peribadatan Sembayang Rebut, pihaknya juga melakukan acara pengukuhan pengurus Kelenteng Siong Hin Cin, untuk periode dua kedepan dan pengukuhan dilakukan oleh Kepala Lingkungan Tunas Kelapa, Asril Johan.

Hendri selaku pengurus Kelenteng Siong Hin Cin mengatakan prosesi Sembayang Rebut di Kelenteng Siong Hin Cin telah diselenggarakan sejak awal Kelenteng Siong Hin Cin berdiri dan sudah turun temurun, dan diperkirakan berdiri pada tahun 1980 dan sekarang sudah mengalami tiga kali pemugaran dengan biaya pembangunan dari swadaya masyarakat.

” Makna Sembayang Rebut, malam ini, merupakan hari terakhir bagi para leluhur-leluhur kita, yang sudah meninggal kembali ke surganya, dan untuk untuk roh-roh yang jahat juga hari ini semuanya sudah bebas, masuk ke alamnya,” ujar Hendri selaku pengurus Kelenteng Siong Hin Cin.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, juga untuk untuk mempersatu masyarakat, saling mempeerat bersilaturahmi diantara masyarakat di lingkungan ini, apalagi sekarang kita juga sedang memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 71.

Kegiatan Sembayang Rebut ini, acara dari masyarakat untuk masyarakat karena memang dibiayai hasil swadaya masyarakat, jadi acara ini dari masyarakat untuk masyarakat juga,” jelas Hendri selaku pengurus Kelenteng Siong Hin Cin sambil mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Lingkungan Tunas Kelapa, Asril Johan, yang telah ikut mendukung terselenggaranya acara Sembayang Rebut ini.

Pantauan wartawan, untuk prosesi puncak peribatan Sembayang Rebut, seperti di kelenteng lainya, pihak panitia penyelenggara Sembayang Rebut telah menyiapkan berbagai sembako, makanan, minuman, buah-buahan dan sayuran yang digantung diatas barak dari kayu, yang kemudian barang-barang tersebut diperebutkan saat tepat pukul 24.00 WIB. (Red/Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *