Sabtu , 19 Januari 2019
Breaking News
Home » HEADLINE » Kades Harus Jadi Pelayan Penjalan Amanah

Kades Harus Jadi Pelayan Penjalan Amanah

 

KABARBANGKA.COM — Kepala Desa (Kades) harus menjadi pelayan masyarakat dan menjalankan amanah yang diberikan masyarakat dengan baik sehingga dapat memimpin suatu desa dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bangka, H. Tarmizi Saat, ketika memberikan sambutan pada acara Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) di Desa Labuh Air Pandan, Kecamatan Mendobarat, Kabupaten Bangka.

‘’Menjadi Kades itu harus siap menjadi pelayan sama dengan jadi Bupati. Jalankan amanah dengan baik jangan sampai kalau kita tidak menjalankan amanah maka kita akan sama-sama main gaple di neraka,’’ ungkap Bupati Bangka.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bangka juga menyampaikan bahwa ada 3 tugas Kades yakni di bidang pemerintahan, pembangunan, dan bidang kemasyarakatan.

Di bidang pemerintahan, berbagai program Pemda Bangka harus dijalankan seperti pendataan anak-anak putus sekolah atau yang akrab disebut Bunaktuslah sehingga di Kabupaten Bangka ini tidak ada lagi anak-anak yang putus sekolah dan minimal bisa mengenyam pendidikan minimal SMA atau Paket C.

Pendataan orang tua hidup sendiri atau yang lebih dikenal BURATUHIRI agar jangan sampai ada di Kabupaten Bangka ini orang tua yang tidak terurus hidupnya karena tinggal sebatang kara. Kemudian, program perburuan ibu hamil beresiko tinggi (BUMILRISTI) harus diperhatikan sehingga tidak ada ibu hamil atau anaknya yang meninggal sewaktu melahirkan dan pemerintah pusat sudah menegaskan tidak boleh ada ibu hamil atau sang anak yang meninggal ketika melahirkan.

Pada waktu melahirkan bayi, Kabupaten Bangka juga sudah menyiapkan akte kelahiran (BANG MUDA) Bangka Mudah Dapat Akte.

Di Bidang Pembangunan, pembangunan jalan atau pembangunan lainnya mulai direncanakan sejak awal sehingga tersusun dengan baik dimana di Desa Labuh Air Pandan ini sudah dibangun jalan hotmik dan pembangunan jembatan sudah dianggarkan pada tahun 2018 sebesar 27 Milyar.

Di Bidang kemasyarakatan harus diperhatikan juga bantuan untuk masjid dan surau juga sinergitas PKK, BPD dan LPM dalam menggerakan perekonomian masyarakat.

‘’Setiap desa harus mempunyai BUMDES, produk lokal (One Village One Product), embung, dan fasilitas umum/ Fasilitas social,’’ jelas Tarmizi.

Sementara itu, Junaidi, Panitia PILKADES Labuh Air Pandan mengatakan bahwa sejak tanggal 2 s.d 6 September 2017 telah dibuka pendaftaran calon Kades dimana setelah dilakukan verifikasi didapati 2 calon yakni Tarmizi dan Badaruddin yang akan dipilih masyarakat pada tanggal 12 Oktober 2017 melalui 3 TPS yakni TPS Labuh sebanyak 353 mata pilih, TPS Air Pandan sebanyak 207 mata pilih, dan TPS Dusun Balau sebanyak 249 mata pilih.

‘’Kita mengharapkan Pilkades berjalan aman tentram tidak terjadi konflik social dan pada tanggal 12 Oktober nanti mari kita memilih sesuai hati nurani,’’ ucap Junaidi. (Edo/Humas)

6 comments

  1. Mampir disini karena ada temen share postingan ini. Dan emang keren, memberi pencerahan min hehe.

  2. Terus berkarya ya, tulisannya enak di baca.

  3. Nah postingan kali ini sangat bermanfaat, saya sering berkunjung dan membaca postingan disini.

    Emang keren-keren kontennya. Salah satu blog yang
    recommended deh.

  4. walaupun banyak yang nulis konten seperti ini, tapi saya lebih suka konten yang di tulis di blog ini.

  5. Makasi, infonya sangat bermanfaat. Saya pembaca setia di blog ini.
    Kontennya bener-bener joss…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*