Bupati Bangka Launching Bansos Rastra tahun 2018

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Bupati Bangka Tarmizi Saat mengharapkan data warga kabupaten Bangka penerima Bantuan Sosial Beras Sejahtera ( Bansosrastra ) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dapat dibuatkan aplikasi.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Bangka Tarmizi Saat ketika melaunching Bansosrastra, Rabu (31/1) di halaman kantor Bupati Bangka.

Bupati minta kepada kepala Dinas Sosial dan Pemdes Kabupaten Bangka untuk membuat aplikasi sehingga warga penerima Bansos Rastra dan BPNT dapat terpantau dengan baik.

Melalui aplikasi dapat dilihat nama, alamat dan foto penerima bansos sehingga dapat diketahui dan dipantau perkembangan kondisi penerima.

Dikatakannya, penyaluran bansos rastra dam BPNT merupakan tugas tabahan Camat, Lurah dan Kepala Desa, yang dapat menjadi amaliah meskipun tidak ada di tupoksi untuk itu agar dapat dilaksanakan sehingga tepat sasaran.

Kesempatan itu Bupati melakukan tanyajawab dengan para penerima Bansos Rastra, terungkap diantara mereka belum memiliki jamban. Untuk itu Bupati langsung memerintah untuk dilakukan pendataan sehingga agar dapat dibantu melalui program Pemkab Bangka yang berkerjasama dengan TNI.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial dan Pemdes Kabupaten Bangka Drs. Arman menjelaskan, di kabupaten Bangka sudah mempunyai 11 E-Warong yang tersebar di 8 kecamatan.

Sedangkan Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) untuk Rastra dan BPNT tahun 2018 berjumlah 10.100 KK jumlah penerima manfaat tesebar di 8 kecamatan, dengan rincian, Kecamatan Sungailiat sebanyak 1.559 KK, Riau Silip 1.088 KK, Puding Besar 1.183 KK, Pemali 533 KK, Merawang 864 KK, Mendo Barat 2.336 KK, Belinyu 1.548 KK dan Bakam 989 KK.

Penerima manfaat bansos Rastra dan BPNT adalah keluarga dengan kondisi sosial ekonomi 25% terendah di daerah pelaksanaan, selanjutnya disebut keluarga penerima manfaat KPM Bansos Rastra dan BPNT yang nama dan alamatnya termasuk didalam daftar KPM dan ditetapkan oleh Menteri Sosial. (Rus/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *