Selasa , 24 April 2018
Breaking News
Home » HEADLINE » Petani Kesal, Lahan Sawahnya Terendam

Petani Kesal, Lahan Sawahnya Terendam

KABARBAMGKA.COM — Petani padi sawah Dungun Raya Desa Betumpang, Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dibuat kesal, lantaran tidak bisa menggarap lahan sawahnya yang terendam air. Padahal, proyek Peningkatan Irigasi Dungun Raya ini baru saja dikerjakan tahun 2017 lalu, melalui Dinas Pertanian, Pangan, Dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan. Namun kenyataannya, infrastruktur tersebut tidak dapat dimanfaatkan petani, lantaran pembangunannya diduga dikerjakan asal jadi.

Dari pantauan sejumlah wartawan di lokasi belum lama ini, terlihat bangunan jaringan irigasi berupa Saluran Cacing bentuknya seperti mengular, pertanda pengerjaannya diduga asal – asalan. Lebih parahnya lagi, saluran tersebut bahkan terendam air, akibatnya sawah warga juga terendam. Demikian juga pembangunan Long Storage, kondisinya juga sudah retak di beberapa titik.

Salah satu warga yang ditemui dilokasi persawahan Dungun Raya menyesalkan proyek pembangunan tersebut, lantaran tidak dapat difungsikan sebagaimana yang diharapkan.

“Mubazir, pembangunannya asal – asalan. Lihat tu sudah salurannya terendam air, macam mana mau difungsikan? Akibatnya sawah disini juga terendam,” kesal warga itu, Selasa (9/1/2018).

Berdasarkan penelusuran di website https://sirup.lkpp.go.id, tercatat hampir 20 paket proyek Pembangunan Jaringan Irigasi dan Dam Parit di Dinas Pertanian, Pangan Dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, yang pengerjaannya dengan sistem Penunjukan Langsung (PL), dengan pagu dana rata – rata 200 juta rupiah. Salah satunya di Batu Petumpang yang bangunannya sudah selesai, namun kondisinya sangat memprihatinkan.

Hingga berita ini diturunkan Kepala Dinas Pertanian, Pangan Dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhardi, belum bersedia memberikan penjelasan, terkait bangunan jaringan irigasi yang diduga dibagun asal jadi, sehingga sawah petani tetap terendam air. (Rml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*