Minggu , 21 Oktober 2018
Breaking News
Home » HEADLINE » Sebagai Antisipasi Banjir, Pemkot Mulai Operasikan Exevator Long Arm

Sebagai Antisipasi Banjir, Pemkot Mulai Operasikan Exevator Long Arm

KABARBANGKA.COM—-Pemerintah Kota Pangkalpinang secara resmi, Sabtu(10/02) telah mengoperasikan dua unit alat berat jenis Ecevator Long arm di sekitar DAS Pasar Ikan Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Rangkui.

Selain dua hal tersebut, mulai hari ini juga mobil Dump Truck dan satu unit PC kecil juga mulai dioperasikan untuk pemiliharaan sungai sehingga tidak terjadi pendangkalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pangkalpinang, Suparlan Dulaspar mengatakan pihaknya membeli beberapa unit alat berat tersebut, sebagai bantuan logistik untuk proses normalisasi sungai dengan harapan dapat meminimalisirkan terjadinya banjir di kota itu.

“ Dengan beroperasinya alat berat tersebut, kita sudah bisa mengurangi endapan sendimen di sungai sekitar 120 kubik perhari,” ujarnya.

Kemudian Pria yang memiliki kumis tebal ini juga menyebutkan, jika tahun depan pemkot berencana akan menambah dua unit dump truck untuk mengangkat sendimen dari sekitar lokasi aktivitas exevator long arm.

” Untuk menambah daya angkut, kita berencana menambahkan dua unit dump truck dengan harapan sendimen yang mengendap semakin banyak dapat diangkat, jika saat ini cuma 120 kubik perhari tahun depan kita berharap menjadi 240 kubik sendimen perhari yang kita angkut,” ujarnya.

Kemudian dirinya menegaskan hasil sendimen yang dikeruk dari sungai tidak akan diolah (Mineral ikutan), akan tetapi lebih dimanfaatkan untuk menembok lahan pemerintah.

“Sedimen tanah ini bisa digunakan untuk masyarakat dan lahan lahan pemerintah, bukan untuk diolah lagi (zat mineral ikutan),” tegasnya.(3K0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*