Selasa , 24 April 2018
Breaking News
Home » HEADLINE » DPRD Desak Gubernur Serius Tangani TPA Regional

DPRD Desak Gubernur Serius Tangani TPA Regional

Rio Setiady, ST, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang.

KABARBANGKA. COM—-Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pangkalpinang, Rio Setiady mendesak Gubernur serius menyelesaikan permasalahan Tempat Pembuangan Sampah(TPA) Regional Ibu Kota Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Menurut Rio, TPA yang ada saat ini dinilainya sudah over capacity atau tidak mampu lagi untuk menampung banyaknya sampah rumah tangga maupun industri di Ibu Kota Provinsi Kepualauan Bangka Belitung

” Kami sudah berkali kali menggil Dinas Lingkungan Hidup dan berkonsultasi dengan Kementrian Lingkungan Hidup¬† terkait permasalahan ini, namun kesimpulannya harus ada political will yang kuat dari pemerintah provinsi dalam penyelesaiannya, ” ungkap Rio Kepada Wartawan, Rabu(14/03) di Sekertariat DPRD Pangkalpinang.

Kemudian Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini pun menyebutkan TPA Parit 6 ini kondisinya sudah sangat penuh dan menggunung, ditambah lagi sampah yang masuk sekitar 100-200 ton perhari maka hal ini semakin tidak memungkinkan lagi, apalagi letak TPA Regional yang sekarang sangat dekat dengan bandara,

” Masalah TPA Regional ini seharusnya menjadi hal yang sangat penting bagi pemprov, apalagi gubernur sering menyampaikan malu jika ada tamu daro pusat ke ibukota provinsi namun terganggu dengan aroma tak sedap dari sampah yang menggunung”.
,” ujarnya.

Selanjutnya Rio mengungkapkan pihaknya dari Pangkalpinang terus terang tidak mungkin lagi mencari lahan pengganti,  dikarenakan terbatasnya lahan di Kota itu yang hanya kurang lebih 118 meter pesegi

Maka dari itu solusi kongkritnya, sambung Rio, pemprov harus campur tangan untuk memfasilitasi kota dan kabupaten. Karena jika Pangkalpinang yang pro aktif berkoordinasi dengan kabupaten, tentu ada beban psikologis yang akan menyulitkan komunikasi dan koordinasi untuk membicarakan TPA Regional ini.

” Jika pemprov benar benar serius dan peduli dengan keindahan dan penataan kota Pangkalpinang, maka kami berharap permasalahan TPA regional ini secepatnya dituntaskan. Kami akan dorong dinas terkait untuk pro aktif setiap pembahasan dan pembicaraan untuk pembangunan TPA Regional. Karena keindahan ibukota provinsi ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah kota Pangkalpinang, tetapi juga pemerintah provinsi yang kewenangannya lebih luas. Kami tunggu gebrakan dari pemprov,” pungkasnya. (3K0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*