Selasa , 24 April 2018
Breaking News
Home » HEADLINE » MENGAPA BISA BANJIR LAGI?

MENGAPA BISA BANJIR LAGI?

Oleh : Romlan
Pimpinan Redaksi Media Online KABARBANGKA.COM

Banjir kembali melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Barat, dan Kabupaten Bangka Tengah. Akibatnya, sejumlah ruas jalan dan pemukiman dikabarkan terendam air cukup tinggi, dan ada jembatan yang putus total atau rusak parah.

Para korban banjir yang mengungsi atau terisolir tentunya perlu bantuan makanan, obat – obatan, pakaian, juga tempat penampungan sementara.

Terjadinya banjir karena turunnya hujan dengan intensitas tinggi. Sementara hutan dan lingkungan di alam ini kerusakannya sudah stadium akut.

Jangan salahkan alam jika terjadi banjir! Juga jangan hanya menyalahkan Gubernur atau Bupati / Walikota, apakah masyarakat sudah menyadari pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan disekitarnya?

Mari tanyakan kepada mereka yang merambah hutan untuk pertambangan, untuk pertanian / perkebunan, untuk pemukiman, dan lain – lain. Sudahkah masyarakat turut menjaga kelestarian alam guna mencegah terjadinya banjir?

Sebelum koreksi dan evaluasi program dan kebijakan pemerintah daerah, ada baiknya koreksi dan evaluasi dulu pola hidup masyarakat, terutama dibidang penataan dan menjaga kelestarian lingkungan. Karena “Pemerintah Daerah” itu bukan hanya Gubernur, Bupati / Walikota, masih banyak instansi dan pejabat terkait lainnya.

Sebagai makhluk sempurna yang dibekali akal dan fikiran, seharusnya manusialah yang menjaga eksistensi dan kelestarian lingkungan. Siapa itu? Tentunya mulai dari unsur pemerintah, masyarakat, dan seluruh stakeholder terkait.

Bisakah semua pihak tidak saling menyalahkan? Mari mulai evaluasi dan introspeksi, mengapa bisa banjir lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*