Senin , 17 Desember 2018
Breaking News
Home » FEATURE » Rusuma Pasrah Hadapi Operasi Lever

Rusuma Pasrah Hadapi Operasi Lever

KABARBANGKA.COM — Rusama (59 ) kakek lanjut usia asal Dusun Rambang, Desa Berbura, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, hanya bisa pasrah menghadapi operasi penyakit lever yang dideritanya. Sudah hampir tiga bulanĀ  ini, lansia yang hidup sebatang kara itu merasakan nyeri yang teramat sangat dibagian perutnya.

Pantauan kabarbangka.com Rabu (16/05/2018), Rusama terbaring lemas menjalani perawatan di Ruang Merpati RSUD Depati Bahrin Sungailiat.

Rusuma ini dulunya berprofesi sebagai tukang sadap getah karet. Namun semenjak menderita lever yang semakin hari semakin akut, Rusama kian hari tidak dapat melakoni pekerjaannya. Jangankan untuk melakukan pekerjaan berat, Rusama merasakan sakit dan sesak nafas hanya untuk sekedar membuat teh, atau buang air besar. Tubuhnya yang dulu padat berisi, kini nampak kurus di dera penyakitnya.

Untuk biaya berobat dan kebutuhan sehari – hari selama menjalani perawatan di rumah sakit, Rusuma dibantu keluarga, tetangga, dan Perangkat Desa Berbura.

” Alhamdulillah, ade bantuan raskin dari desa, sumbangan ke bapak dari tetangga untuk bantu sehari – hari,” kata Rusama terbata – bata menahan sakit.

Hari ini Rusuma nampak ditemani Hermanto (35 ), keponakannya yang tinggal di Desa Pugul. Kepada kabarbangka.com, Hermanto lalu menceritakan kondisi pamannya itu.

Menurut Hermanto, harapan kesembuhan Rusuma sangat sedikit, karena keterbatasan ekonomi, dan dirinya yang berprofesi sebagai petani untuk menanggung biaya rencana operasi tersebut.

” Bapak ini pamanku, sudah seperti orang tua sendiri. Beliau ini hidup sebatang kara, sedangkan aku jauh di Pugul, ya berharap sembuhlah! Apalagi ini beliau tidak ada BPJS, ku usahakan mengurusnya kepada pihak desa. Kalaupun tidak selesai juga, aku tetep bertanggungjawab untuk biaya pamanku ini,” tutur Hermanto panjang lebar.

Saat ini Rusuma sedang menunggu pertimbangan dokter, untuk menjalani operasi pengangkatan Lever yang dari dalam perutnya.

Bagi dermawan yang berniat membantu Rusuma, dapat menghubungi Hermanto atau perangkat Desa Berbura. (Ikrar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*