Sabtu , 23 Juni 2018
Breaking News
Home » HEADLINE » Panwaskab Sudah Terima Pelimpahan Temuan Panwascam Riau Silip

Panwaskab Sudah Terima Pelimpahan Temuan Panwascam Riau Silip

KABARBANGKA.COM, BANGKA — Ketua Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka, Corry Ihsan, membenarkan pihaknya sudah menerima pelimpahan dari Panwascam Riau Silip, atas dugaan pelanggaran zona jadwal kampanye yang dilakukan oleh sejumlah oknum yang mengatasnamakan Paslon tertentu, peserta Pilkada Bupati dan Wakil Bupat Bangka 2018.

Corry Ihsan mengatakan belum bisa menyampaikan secara detail, lantaran temuan tersebut masih dalam proses. Pihaknya punya waktu selama 7 hari kedepan untuk memproses temuan tersebut, dan saat ini sedang berkordinasi dengan kepolisian dan kejaksaan (Gakkumdu).

“Kami punya waktu 7 hari untuk menindaklanjuti itu, sampai memang bener – bener itu syarat materil dan formil bener – bener yakin, untuk mengenai saksi dan buktinya memang sudah oke. Kalau barang bukti sih memang sudah ada di kami (Panwaskab). Nan, nanti sampai kami berproses, kami belum bisa mengkonfirmasi apapun soal ini, karena baru siang tadi dilimpahkan. Jadi kami juga lag koordinasi sama kejaksaan, sama kepolisian sekarang. Nah, kalaupun sudah oke mengenai status temuan itu, kami juga akan melihat pasal yang dikenakan itu pasal yang mana, gitu? Baru kami bisa sampaikan, arahnya kemana?” ungkap Corry Ihsan via ponselnya, Senin (11/06/2018) malam.

Menurutnya, barang – barang yang diamankan itu berupa sarung, mukenah, dan kalender. Dijelaskannnya, kejadian yang sama juga terjadi di Kecamatan Pemali.

“Sebenarnya gini, mengatasnamakan gitu loh! Jadi sebelum ada penyidikan dari kami, dari kepolisian, kami belum bisa mengatakan bahwa ini tim 2. Tetapi ini masih mengatasnamakan Paslon Nomor 2. Tetapi apakah bener itu dari Paslon Nomor 2? Ini yang belum kami pastikan. Kami akan klarifikasi semua itu, pihak – pihak yang disebutkan disitu, termasuklah Ketua Tim Paslon Nomor 2. Apakah membenarkan itu? Yang tadi itu koordinatornya siapa disini? Apa motifnya? Nanti biarkan kami sama kejaksaan dan kepolisian yang memproses dulu,” terangnya.

Disinggung informasi dari Ketua Panwascam Riau Silip, bahwa ada dugaan pelanggaran zona jadwal kampanye? Corry Ihsan juga membenarkan hal tersebut.

“Jadi, kampanye diluar zona memang yang diinikan (permasalahkan), karena itu kampanye diluar zona. Tapi arahnya ini nanti kita belum tahu, apakah ada pasal lain yang dikenakan? Kalau seandai ada pasal lain yang dikenakan, ini biarkan jaksa sama kepolisian yang menyidik itu. Kalau sudah masuk ke Gakkumdu, ya, biar jaksa sama polisi lah proses,” jelasnya.

Corry Ihsan menegaskan, pihaknya belum memastikan terduga pelaku pelanggaran tersebut dilakukan oleh Tim 2.

“Untuk sekarang ini masih mengatasnamakan, belum bisa kami pastikan itu tim 2, dan belum bisa diambil tindakan apapun. Kalau sudah ada proses selanjutnya mengenai status temua ini kayak gimana? Nanti kami sampaikan juga,” tutupnya.

Ketua Bidang Hukum DPC PDIP Kabupaten Bangka, yang juga tim advokasi atau kuasa hukum Paslon Nomor Urut 2, Budiyono SH, mengaku belum bisa berkomentar, lantaran dirinya belum mendapatkan informasi resmi terkait perkara temuan Panwascam Riau Silip tersebut.

“Maaf pak, aku selaku bidang hukum belum mendapatkan informasi resmi terhadap perkara itu, jadi belum bisa komen pak. Ntar aku cari infonya dulu, ok?” kata Budiyono via WA Massenger, Senin malam. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*