Guru PAUD Kudus Ikuti Diklat Peningkatan Kompetensi

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM, KUDUS — Sebanyak 80 orang guru Pendidikan Anak Usia Dini, yang terdiri dari guru KB, TK, TPA, SPS Pos PAUD di Kabupaten Kudus, menjalani Pendidikan Dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi di Hotel Proliman Kudus. 80 orang peserta itu dibagi menjadi dua kelas. Diklat Peningkatan Kompetensi itu digelar selama lima hari, tanggal 27 – 31 Agustus 2018.

Diklat berjenjang tingkat dasar yang berlangsung selama lima hari tersebut, diadakan oleh TK Negeri Pembina Kabupaten Kudus, yang bekerjasama dengan PKG PAUD Kecamatan Kota dan Disdikpora Kabupaten Kudus, juga atas dukungan Dirjen PGTK PAUD dan Dikmas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Republik Indonesia.

Kegiatan di pandu oleh narasumber – narasumber yang mumpuni dalam bidangnya, yang tentunya bergelut dalam dunia PAUD di kudus. Diantaranya, Dra. Sriatie, MM, Tutik Arsi, S.Pd. AUD, Maryatin S.EI, M.E, Trisye Sulistiowati S.Pd, Mujiwati, SE, S.Pd, Dra. Ruslin, terang ketua pelaksana kegiatan, Ummu Umaroh, S.Pd AUD.

Adapun materi yang disampaikan dan wajib diikuti peserta yakni, Konsep Dasar PAUD, Perkembangan Anak Usia Dini, Pengenalan ABK, Cara Belajar Anak Usia Dini, Perencanaan Pembelajaran, Penilaian Perkembangan Anak, Kesehatan dan Gizi, Komunikasi dalam Pengasuhan, Etika dan Karakter Pendidik PAUD, dan Peer Teaching yang mengasah kemampuan pendidik dalam memberikan pembelajaran kepada anak.

Lima hari sudah dijalani oleh peserta dan hari ini, jum’at 31/08/18, saat penutupan Diklat tersebut, Ketua Panitia yang kerap disapa Bu Ummu itu menyampaikan kepada seluruh Pendidik PAUD yang mengikuti Diklat, agar dapat mengimplementasikan ilmu yang di dapat selama Diklat berlangsung.

” Banyak yang kita pelajari selama lima hari kemarin dari sekian Narasumber, semoga pendidik bisa memetik semua apa yang disampaikan, dan mengimplementasikan ilmu yang didapat selama diklat,” ujarnya.

Sementara Kadin Disdikpora, yang diwakili oleh Drs. Moh. Soleh, M.M yang selaku Kabid PAUD Dan Dikmas Kabupaten Kudus, mengapresiasi kegiatan yang mendorong kompetensi bagi pendidik PAUD di kudus.

“Diklat ini diadakan di Kabupaten Kudus, akan tetapi rasa – rasanya sudah seperti berarah ke Nasional. Sekarang banyak Diklat diadakan oleh pemerintah, baik via tatap muka seperti ini, bahkan online oleh PAUD Dikmas, dan kami juga akan mengupayakan bagi para pendidik PAUD untuk meningkatkan kompetensinya lewat Diklat yang berjenjang dan memfasilitasinya seperti halnya kegiatan kali ini,” terang Soleh.

Sebagai ungkapan senang dapat berkesempatan mengikuti Diklat, Hanifah, salah seorang peserta menyampaikan rasa syukurnya. Mewakili seluruh peserta, Ia akan menerapan segala ilmu yang ia dapat kali ini, juga menginformasikan kepada khalayak bagaimana mendidik anak usia dini dengan baik? Dan penanganan yang benar. (Fakhrudin/Rilis)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *