Sabtu , 17 November 2018
Breaking News
Home » ADVETORIAL » Gubernur Babel “Natak Kampung” Ke Desa Malik

Gubernur Babel “Natak Kampung” Ke Desa Malik

KABARBANGKA.COM, BASEL — Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman melakukan Kunjungan Kerja atau “Natak Kampung” ke Desa Malik, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (6/9/2018) . Erzaldi bersilaturahmi dan berdialog langsung dengan masyarakat di Masjid Al Falah, Desa Malik.

Gubernur Erzaldi mengajak masyarakat Desa Malik untuk mendukung serta melaksanakan program sistem Resi Gudang, sekaligus program pemerintah untuk mengembalikan kejayaan lada Bangka Belitung. Program tersebut dikatakannya, bertujuan untuk memberdayakan petani lada di Bangka Belitung.

“Sistem pengelolaan lada dengan resi gudang ini dimaksudkan agar petani bisa menjual lada dengan harga yang memadai,” ujarnya.

Dengan penitipan resi gudang lada, petani menerima pembayaran langsung sebesar 75 persen dari nominal harga jual lada yang dititipkan. Sisanya akan diterima oleh petani saat lada itu dijual. Gubernur Juga mengajak para petani lada untuk mengembangkan sistem budidaya lada yang baik dan benar. Untuk itu, Pemprov Babel akan memberikan bantuan pengembangan budidaya lada petani, seperti pembagian bibit unggul dan junjung.

Usai bersilaturahmi dan berdialog dengan masyarakat setempat, Erzaldi Rosman juga membuka Kejuaraan Sepakbola “Basel Cup 2018”, dan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Berkah Mart di desa tersebut.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman beserta rombongan menuju Lapangan Sepak Bola Akik Tenor Darah Putih, Desa Malik, untuk membuka kejuaraan Sepakbola “Bangka Selatan Cup 2018”. Di tempat ini Erzaldi menyerahkan plakat kepada tim yang saat itu melakukan pertandingan perdana.

Secara simbolis juga menyerahkan bola dari Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Pemprov Babel, Suharto, kepada wasit yang memimpin pertandingan menandai dibukanya kejuaraan. Gubernur berharap kejuaraan ini agar berjalan dengan sportif dan menjaga ketertiban selama kejuaraan berlangsung.

Usai peletakan batu pertama Berkah Mart dalam wawancaranya Gubernur Erzaldi mengatakan, Berkah Mart Desa Malik ini merupakan Desa Mart yang ke delapan di Bangka Belitung. Gubernur menargetkan Babel memiliki 68 unit Berkah Mart saat HUT Babel yang ke-18. Pola distribusi Berkah Mart menggunakan sistem single distributor melalui BUMDES setempat.

“Mudah-mudahan dengan demikian bisa memberikan pelayanan penjualan kepada masyarakat dengan harga lebih murah. Karena hal ini akan memotong mata rantai distribusi yang panjang,” harapnya.

Gubernur Erzaldi juga menyampaikan Berkah Mart turut membantu memasarkan produk lokal dari masyarakat setempat. Untuk mensukseskan Berkah Mart ini, Pemprov Babel menggelontorkan Dana Bantuan Gubernur sebesar Rp 100 juta per BUMDES, yang pencairannya akan dilaksanakan mulai bulan depan.

Pembangunan Berkah Mart Desa Malik ini merupakan Unit Usaha Milik BUMDES, dengan total pembangunan Rp 131.356.000, dengan luas bangunan mencapai 47 meter persegi.

Ikut mendampingi Gubernur Erzaldi, Kadiskepora Babel Suharto, Camat Payung, Zainuddin dan Kades Malik, Wendi, Pimpinan Capem Bank Sumselbabel Payung, Deni. (Adv)

 

Sumber : Humas Pemprov Babel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*