Sabtu , 17 November 2018
Breaking News
Home » HEADLINE » Banyak Hoax Beredar Di Medsos

Banyak Hoax Beredar Di Medsos

Syahrul Mubarrak

KABARBANGKA.COM, BATENG — Syahrul Mubarak, dari Sekretariat Utama Badan Siber Dan Sandi Negara (BSSN), menghadiri Rapat Kerja Kepala Diskominfo Seluruh Indonesia yang digelar oleh Diskominfo Provinsi Babel, di Ballroom Hotel Soll Marina Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (18/10/2018).

Diungkapkan Syahrul Mubarak, bahwa teknologi informasi yang didapati berita atau info yang bersifat hoax, banyak yang bersumber dari media sosial.

“Banyak berita hoax yang bersumber dari sosial media, sehingga pengguna atau masyarakat harus cerdas dalam menanggapi info dan kebenarannya, ditelusuri sumber dan kevalid-an datanya, saring dan sharing istilahnya,” ungkap Syahrul.

Dikatakannya, kesalahan dalam menggunakan sosial media tersebut bisa diatasi dengan menelusuri sumber dan data terkait, lalu saring berita atau info tersebut, sehingga bisa di sharing dengan sesama pengguna media sosial lainnya.

“Ya, manusiawilah, kita sebagai manusia. Ketika kita mendapatkan info atau berita bersifat heboh, kita merasa ingin terlebih dahulu untuk mensharing berita atau info itu tanpa di telusuri sumber dan datanya, sehingga menimbulkan hoax di masyarakat,” jelasnya.

Pejabat Sekretariat Utama BSSN itu juga mengajak peran rekan – rekan media, untuk mensosialisasikan edukasi terkait pentingnya berpikir cerdas dan bijak dalam menyikapi berita hoax. (A1M)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*