Sabtu , 17 November 2018
Breaking News
Home » HEADLINE » Dishut Babel Akan Tertibkan Aktivitas Alat Berat Di Kawasan Hutan

Dishut Babel Akan Tertibkan Aktivitas Alat Berat Di Kawasan Hutan

KABARBANGKA.COM, BASEL — Dinas Kehutanan Provinsi Kepualaun Bangka Belitung akan segera menertibkan puluhan alat berat yang beroperasi secara ilegal di Kabupaten Bangka Selatan.

“Untuk kawasan di Bangka Selatan, nanti ada Polhut kita di Basel yang akan turun melakukan penertiban alat berat yang beraktivitas di tambang atau di kawasan hutan yang dilarang, Polhut akan bergerak” kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Marwan melalui pesan singkat WhatsApp belum lama ini.

Kepala KPH Palas Muntai Dinas Kehutanan Babel, Fahrurozi mengatakan pihaknya akan turun ke beberapa titik di Kecamatan Airgegas yang diduga telah berakivitas alat berat di kawasan hutan terlarang.

Meski begitu, pria yang biasa disapa Oji ini mengakui jika personil Polisi Hutan Babel yang bertugas di Bangka Selatan sangat terbatas untuk mengawasi aktivitas ilegal alat berat di kawasan hutan terlarang.

“Kita segera turun ke lapangan untuk mengecek laporan yang menyebutkan adanya aktivitas tambang ilegal menggunakan alat berat di kawasan hutan terlarang di Kecamatan Airgegas, kita akan turun ke lapangan, dan memang personil kita terbatas sehingga pengawasan pun kurang begitu optimal, namun setiap laporan yang masuk pasti kita tindak lanjuti” katanya.

Informasi yang berhasil dihimpun sejumlah titik kawasan hutan yang terus digarap alat berat tersebut antara lain, Kawasan hutan negara di Dusun Kelindang, Dusun C2 yang merupakan perbatasan Bangka Tengah dan Bangka Selatan, Kawasan hutan egara di Desa Air Bara dan beberapa kawasan hutan negara lainnya.

Aktivitas tambang menggunakan alat berat yang beroperasi diduga di hutan terlarang Kecamatan Airgegas tersebut diduga sudah berlangsung lama sekitar beberapa bulan terakhir.

Kasat Pol PP Basel Saut Ritonga dikonfirmasi menyebutkan, pihaknya pada Sabtu (19/10/2018) telah mengembalikan kontak PC milik BK pengusaha Toboali.

Kunci PC tersebut dikembalikan setelah BK menghentikan dan mengangkat seluruh mesin serta alat tambang, dan menimbun kembali lubang galian yang telah digali menggunakan alat berat tersebut.

“Kunci sudah kita kembalikan, pemiliknya sudah mengangkat mesin tambang serta menimbun kembali galiannya” katanya. (Red1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*