Senin , 17 Desember 2018
Breaking News
Home » ADVETORIAL » Gubernur Buka Porprov V Babel

Gubernur Buka Porprov V Babel

KABARBANGKA.COM, BATENG — Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Babel ke-V Tahun 2018 resmi dibuka, ditandai penekanan sirene oleh Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman. Pembukaan event empat tahunan itu yang diselenggarakan di Stadion Pemerintah Kabupaten di Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu (24/11/2018) petang.

Selain Penekanan Tombol Sirene oleh Gubernur, Pemukulan bedug secara serentak bersam Ketua DPRD Babel dan unsur Forkopimda Babel, serta Bupati/Walikota se Babel, penyerahan Api Calderon oleh Gubernur kepada Atlet Nasional, dan Penyerahan Piala Bergilir Porpov, menjadi bagian dari tanda pembukaan Porprov V.

Dan yang lebih menarik lagi, sebelum acara Pembukaan dimulai, Gubernur dan tamu undangan yang hadir, disuguhi aksi terjun payung 12 prajurit, pasukan TNI AU Tanjung Pandan dan Bandung.

Mereka, masing-masing membawa Bendera Bendera Merah Putih, Bendera TNI, Bendera KONI dan Bendera Kontingen 7 Kabupaten/Kota yang menjadi peserta Porprov V tahun 2018.

Disamping itu, Gubernur dan tamu undangan juga dimeriahkan dengan penampilan drumband, Paskibra, devile kontingen, dan sejumlah pertunjukan seni.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan, Porprov ke-V Babel di Bangka Tengah ini, merupakan komitmen dari Provinsi. Bagi Kabupaten/kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah, diharapkan dapat mengenalkan potensi daerahnya, meningkatkan perekonomian serta memacu infrastruktur olahraga di daerah.

“Dengan semakin lengkap vinue olahraga di daerrah-daerah Babel ini, sebagai dasar bagi kita untuk menyelenggarakan event-event nasional maupun event internasional di daerah kita,” ujar Gubernur.

Selain itu, kata Gubernur, dengan tersedianya sarana dan prasarana olahraga yang baik, tentunya akan dapat mendongkrak prestasi olahraga atlet-atlet Babel di event olahraga di wilayah maupun di tingkat nasional, bahkan dapat berprestasi di tingkat dunia.

Dalam event olahraga, Gubernur menjelaskan, kompetisi adalah elemen tolak ukur kemampuan prestasi bagi atlet. Namun, hal ini jangan sampai mengesampingkan semangat yang tergantung dalam olahraga itu sendiri, yaitu semangat sportivitas, persatuan dan kesatuan.

“Saya berharap event ini, juga mampu menjadi sarana membangun komunikasi dan perekat kebersamaan antar kabupaten/kota dalam wilayah Provinsi Babel yang kita cintai ini,” kata Erzaldi.

Dalam kesempatan ini, Erzaldi mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada di Babel untuk membantu kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Porprov ke-V di Bangka Tengah.

“Kepada Kontingen saya harapkan untuk menjunjung sportivitas, jangan sampai masalah kecil dibesar-besarkan. Karena seorang olahragawan pastilah berjiwa kesatria, siap bertanding dalam kondisi apapun. Dan olahragawan terbaiklah yang akan menjadi juara,” tegas Gubernur.

Kepada wasit dan juri, pesan Gubernur Erzaldi, agar selalu bersikap netral. Jangan sampai keputusan-keputusan yang terlalu memihak, sehingga muncul pendzoliman yang merugikan atlet-atlet atau peserta lainnya.

“Saya mohon kepada peserta (atlet) porprov, jangan sampai ada yang mogok bertanding, laksanakanlah pertandingan setiap cabang olahraga secara tuntas, dan kita akan mendapatkan atlet-atlet terbaik sebagai tolak ukur pembinaan prestasi olahraga di Babel. Porprov V ini, adalah ajang seleksi atlet Provinsi Babel untuk mengikuti Popwil Sumatera Tahun 2019 di Bengkulu dan ajang seleksi PON 2020 di Papua,” tutup Erzaldi.

Sebelumnya, Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh dalam laporannya menyampaikan, Porprov ke-V Tahun 2018 ini, diikuti sebanyak 2.728 atlet, terdiri dari Pangkalpinang 388 atlet, Bangka 387 atlet, Bangka Selatan 435 atlet, Bangka Barat 353 atlet, Bangka Tengah 411 atlet, Belitung 420 atlet, dan Belitung Timur 333 atlet.

“Saya berharap, momen ini berdampak positif bagi Bangka Tengah dan Babel. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kontribusi baik untuk pembangunan pada umumnya,” imbuhnya.

Dalam pembukaan Poprov ini, turut hadir Ketua KONI Babel dan Kabupaten/Kota, Kepala OPD dilingkup Pemprov Babel dan Kabupaten Bangka Tengah, dan sejumlah unsur lainnya. (Adv)

Sumber : Humas Pemprov Babel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*