Senin , 17 Desember 2018
Breaking News
Home » HEADLINE » Desa Air Duren Dicanangkan Sebagai Desa Percontohan Kerukunan

Desa Air Duren Dicanangkan Sebagai Desa Percontohan Kerukunan

KABARBANGKA.COM, BANGKA — Desa Air Duren, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka dijadikan sebagai Desa percontohan kerukunan umat beragama di Kabupaten Bangka. Penentuan ini dilakukan oleh Kementrian Agama RI, serta sudah memenuhi ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Desa Air Duren, kecamatan Pemali pada Rabu (05/12/2018) ini dihadiri oleh Staf Ahli Bupati bidang pembangunan manusia dan kebudayaan, Ir. Zulkarnain Idrus.

Dirinya mengatakan Provinsi Bangka Belitung merupakan daerah zero konflik suku, ras dan agama. Untuk itu predikat ini harus terus dipertahankan sehingga kerukunan antar umat beragama di Bangka Belitung pada umumnya dan Kabupaten Bangka pada khususnya dapat terus terjaga.

“Tentu kita semua mengharapkan dan menginginkan kerukunan di Kabupaten Bangka ini dapat terus terjalin dengan baik. Sehingga tidak terjadi konflik, baik itu konflik yang dipicu dari permasalahan suku, ras maupun agama” kata Zulkarnain Idrus dalam sambutaanya.

Menurut Ir. Zulkarnain Idrus, Desa Air Duren ditetapkan sebagai Desa percontohan kerukunan umat beragama melalui usulan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bangka ke kementrian agama.

“Kerukunan umat beragama ini harus dimulai dari diri kita sendiri, karena jika diri kita sendiri saja sudah tidak rukun, maka akan mustahil untuk merukunkan antar bermasyarakat yang notabenya berbeda suku, agama dan ras” jelas nya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, kerukunan merupakan suatu rahmat, sehingga dirinya menekankan kepada seluruh masyarakat kabupaten Bangka untuk terus menjaga kerukunan dan kedamaian di Negri Sepintu Sedulang ini.

“Mari kita jaga perdamaian dan kerukunan ini, karena ini merupakan rahmat. Dan tentunya setiap agama pasti mengajarkan tentang kerukunan antar sesama maupun antar umat beragama” ujar Zulkarnain Idrus menghimbau.

Dirinya juga mengatakan, melalui kegiatan pencangan di Desa Air Duren ini sebagai Desa percontohan, dapat mewujudkan dan menjadikan kerukunan antar umat beragama secara gelobal.

“Marilah kita jadikan kegiatan ini sebagai upaya untuk wujudkan kerukunan beragama secara gelobal baik di Desa, Kecamatan, Kabupaten, maupun Provinsi. Dan semoga Desa ini menjadi Desa Percontohan kerukunan umat beragam di Indonesia” tutup Staf Ahli Bupati bidang pembangunan manusia dan kebudayaan,” Ir. Zulkarnain Idrus.

Diakhir kegiatan ini dilakukan pemberian bantuan kepada 7 (tujuh) rumah ibadah yang ada di Desa Air Duren, oleh ketua FUKB Kabupaten Bangka dan perwakilan dari kepal kantor wilayah kementrian agama Provinsi Bangka Belitung. (Rilis)

Sumber : Humas Pemkab Bangka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*