Senin , 17 Desember 2018
Breaking News
Home » HEADLINE » Gelar Seminar Nasional, MPR RI Dan STIH Pertiba Bahas Tentang “Penataan Kewenangan MPR”

Gelar Seminar Nasional, MPR RI Dan STIH Pertiba Bahas Tentang “Penataan Kewenangan MPR”

KABARBANGKA.COM, PANGKALPINANG — Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pertiba Pangkalpinang menggelar seminar nasional dengan tajuk “Penataan Kewenangan MPR” di Hotel Santika, Bangka Tengah pada Kamis, (06/12/18).

Sasaran dalam seminar tersebut merupakan dari para akademisi berbagai kampus yang bergelut di kejuruan bidang Hukum Ketatanegaraan yang menjadi fokus utama untuk pembahasan UUD 45 setelah/sebelum amandemen serta kewenangan – kewenangan MPR dalam pnetapan, keputusan, perubahan dan tafsir – tafsir dalam seminar nasional tersebut.

Dalam seminar tersebut, Yandi selaku Wakil Ketua Bidang Akademik STIH Pertiba Pangkalpinang sekaligus narasumber di seminar tersebut mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut sebagai edukasi kepada peserta seminar yang terdiri dari Mahasiswa tentang kedudukan MPR, kewenangan MPR membuat ketetapan – ketetapan, dan tafsir konstitusi dan sidang MPR.

“Dalam seminar nasional ini para peserta khususnya dari STIH Pertiba Pangkalpinang yang mengambil kuliah jurusan Ketatanegaraan dengan mengkaitkan dengan mata kuliah kelembagaan negara yakni pemahaman tentang sebelum atau sesudah perubahan UUD 45 dan penambahan kewenangan MPR bagi peserta atau mahasiswa STIH Pertiba Pangkalpinang khususnya ” katanya.

Anggota MPR RI, Marwan Cik Asan turut jadi pembuka di seminar nasional tersebut, “seminar ini sebagai rangkaian lanjutan dari berbagai macam kegiatan di ranah mahasiswa dalam rangka tugas konstitusi dalam MPR RI” ucapnya .

Marwan Cik Asan mengatakan, seminar nasional yang bertemakan penataan kewenangan MPR Ini merupakan pembahasan penataan kembali kewenangan MPR dalam amandemen UUD.

“Baik itu dari sisi ketetapan, keputusan, pelantikan Presiden dan wakil Presiden dan tafsir konstitusi dan sidang kewenangan MPR dalam amandemen yang mungkin akan dilakukan dengan tersistematis, terkendali dan terbatas” katanya.

Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat tersebut juga mengatakan, dalam seminar nasional ini, ia mengajak mahasiswa yang hadir untuk menyerap serta mendengarkan aspirasi dari warga kampus di Kota Pangkalpinang khususnya untuk membahas bersama – sama terkait penataan kewenangan MPR diseminar ini.

Dalam seminar tersebut, Para peserta yang hadir yakni dari STIH Pertiba, STIE Pertiba, STIMIK, STKIP Muhammadiyah, Citra Delima yang disuguhkan para narasumber yakni Yandi, Farid Efendi dan Syafriansyah dari Dosen STIH Pertiba dan Marwan Cik Asan dari MPR RI. (A1M)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*