Senin , 17 Desember 2018
Breaking News
Home » HEADLINE » Pemkab Bateng Salurkan 240.000 Bibit Lada

Pemkab Bateng Salurkan 240.000 Bibit Lada

KABARBANGKA. COM—-Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan sebanyak 240.000 bibit lada kepada petani yang ada didaerah itu.

“Bibit lada ini kami berikan kepasa 38 petani yang sedang mengembangkan tanaman andalan Bangka Belitung tersebut, ” Kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh pada Selasa(4/12).

Selain memberikan bantuan bibit lada, Bupati juga memberikan bantuan serupa kepada beberapa kelompok tani se Bateng dan bantuan lainnya seperti pupuk organik dan pestisida, sapi serta mesin pencacah sawit sebagai pakan ternak yang merupakan bentuk nyata program integrasi sapi sawit.

“Harga lada saat ini sudah mengikuti mekanisme pasar yang memang sulit dikendalikan pemerintah. Jadi untuk mensiasatinya hanya dengan cara menekan cara produksinya,” katanya.

Ia mengungkapkan cara yang diterapkan oleh petani lada di vietnam sangat bagus diterapkan, sehingga bisa menghasilkan 12 kg per pohon dan menggunakan junjung hidup.

Selain itu Ibnu juga mengajak petani untuk menanam gaharu disela-sela tanaman lainnya karena sangat diminati oleh negara lain.

“Saat lawatan ke jedah, produk dari gaharu ini sangat diminati dan paling laku. Harganya bahkan bisa empat kali lipat dari harga pasar,” terangnya.

Untuk itu, ia mengajak petani yang baru merintis harus banyak bertanya dan belajar kepada petani yang sudah berhasil.

“Banyak petani kita ini yang sudah sukses. Petani juga harus percaya sama pemerintah dan teknologi yang disarankan melalui penyuluh nanti. Kades juga harus anggarkan sebagian besar APBDes nya untuk mendukung ekonomi rakyat terutama bidang pertanian dan peternakan,” pungkasnya.(Yan/Red1).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*