Senin , 25 Maret 2019
Breaking News
Home » ADVETORIAL » Ratusan ASN Ikuti Pembekalan Pensiun

Ratusan ASN Ikuti Pembekalan Pensiun

KABARBANGKA.COM, PANGKALPINANG — Sebanyak 241 orang Aparatur Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan memasuki masa pensiun tahun 2018 – 2020, mengikuti pembekalan pensiun di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur, Kamis (6/12/2018).

Para peserta mendapatkan sosialisasi Ketaspenan dan Pengenalan Bank Mandiri Taspen, sebagai Mitra Bayar PT. Taspen (Persero).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Bangka Belitung  ini, dihadiri Gubernur Babel yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum Dan Politik, Syahruddin.

Dalam Sambutannya Syahruddin mengatakan, secara psikologi kondisi pegawai yang memasuki masa pensiun akan berubah. Perubahan itu, kata dia, terjadi diakibatkan berbagai hal. Diantaranya adalah perubahan penghasilan yang diterima tiap bulan, dimana jumlahnya tidak sebesar yang di terima saat masih produktif bekerja.

Pegawai tersebut, katanya lagi, tentu saja tidak bisa mengandalkan para putranya masing – masing, karena pasti akan fokus mengurusi keluarga masing – masing. Kalaupun itu ada, dirinya menganggap, hal itu adalah sebagai bonus, bukan seterusnya.

Untuk itu, dirinya berpesan kepada para pegawai yang akan memasuki masa pensiun ini, untuk benar – benar mengatur dan memanage keuangannya masing – masing.

Pada kegiatan ini, PT. Taspen dan Bank Mandiri memberikan Solusi dalam perencanaan manajemen keuangan para pegawai yang akan pensiun ini. Sehingga diharapkan setelah Pensiun, para pegawai ini, tetap bisa mengelola keuangan untuk kebutuhan sehari – hari.

Syahruddin juga berpesan agar memanfaatkan waktu sebaik – baiknya, khususnya untuk mencoba memasuki dunia wirausaha. Selain itu, Syahruddin mengajak untuk lebih meningkatkan aktivitas ibadah yang nantinya menjadi bekal menunju akhirat.

“Umur 50 tahun itu sudah seharusnya memikirkan dan fokus pada urusan akhirat, karena pada masa muda sering lupa. Kita mulai mengurangi urusan menyita fisik dan dunia, tapi lebih besar kepada urusan ibadah,” katanya.

Sementara Kepala Kantor PT Taspen (Persero) Cabang Pangkalpinang, Mulyono dalam sambutannya mengatakan, Taspen saat ini, meningkatkan pelayanan, terutama dalam hal pencairan dana pensiun bagi para ASN yang telah memasuki masa Pensiun.

Kemudahan itu, kata Mulyono, dilakukan dalam bentuk pencairan dana pensiun melalui ATM masing – masing pegawai. Dengan begitu, para Pegawai bisa melakukan penarikan tanpa mendatangi kantor Taspen.

Berkaitan dengan hal tersebut, PT. Taspen telah bekerjasama dengan Bank Mandiri Taspen sebagai mitranya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Loyalty PT Bank Mandiri Taspen Pusat yang ikut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan Bank Mandiri Taspen sebagai sebagai Mitra Bayar PT. Taspen memiliki beberapa program untuk pengelolaan dana pensiun ini.

Bank Mandiri Taspen juga dikatakannya, ingin menyempurnakan program taspen sehingga khususnya pengelolaan dana pensiun ini bisa tepat waktu penerimaan, tepat tempat penerimaan dan tepat pemanfaatannya.

Bank Mandiri juga mendorong para pensiunan ini nanti mempunyai kegiatan baru sebagai second opinion, sehingga tetap mempunyai semangat untuk menjadi enterprenuer/wirausaha.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan secara simbolis pemberian penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupa Cinderamata kepada Perwakilan Pegawai yang memasuki masa Purnabhakti.

Berdasarkan data BKPSDM Babel, sebanyak 241 ASN Pemprov Babel pada tahun 2018 -2020 yang akan Purnabhakti, yaitu sebanyak 64 orang tahun 2018, 55 orang tahun 2019 dan 70 orang tahun 2020 serta 52 orang yang mengajukan Pensiun Dini. (Adv)

Sumber : Humas Pemprov Babel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*