Rabu , 20 Maret 2019
Breaking News
Home » HEADLINE » Aparat Desa Bagian Dari Sistem Pemerintahan Nasional

Aparat Desa Bagian Dari Sistem Pemerintahan Nasional

JAKARTA — Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) melalui Dewan Pengurus Nasional Widiartono menyampaikan ucapan terhadap Pemerintahan Jokowi-JK yang dianggap telah berkomitmen dalam merealisasikan bantuan langsung ke desa melalui dana desanya. Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Pengurus Nasionalnya Widiartono di Jakarta, Senin (7/1/2019).

“ Terima kasih kami haturkan kepada Presiden Jokowi yang berkomitmen terhadap para pejuang desa yang telah mewujudkan dalam bantuan langsung ke desa yang bernama dana desa semula 20 trilyun, kedua 20 trilyun, ketiga 40 trilyun, dan terakhir di angka 70 trilyun” ujarnya.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan bahwa melalui dana desa tersebut sebagai dana riil yang diterima desa yang kemudian dampaknya desa sudah menggeliat menuju kemajuan yang sesungguhnya, “ Baru di era Presiden Jokowi desa bisa mempercantik dirinya dengan pembangunan infrastruktur, ekonomi dan lain sebagainya” ungkap Widiartono.

Pada kesempatan yang sama, Ia menyampaikan atas nama masyarakat desa, perangkat desa, dan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI), menghaturkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang terus berkomitmen membangun negeri ini melalui desa.

Selain itu, PPDI juga menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Kementerian Dalam Negeri di bawah Mendagri Tjahjo Kumolo bahwa aspirasi para perangkat desa di seluruh Indonesia, sudah pada tahapan perubahan terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 sebagai turunan dari UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“ Dari kemarin Kemendagri sudah melayangkan surat kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, untuk merubah PP Nomor 43 Tahun 2014 Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, terkait apa yang sekarang ini diperjuangkan bersama, mudah – mudahan dampak perubahan dari PP tersebut berdampak baik bagi kepala desa dan perangkat desa di seluruh Indonesia sehingga nanti dalam rangka penguatan pelaksanaan anggaran dari dana desa, sistem terselenggaranya pemerintahan desa benar-benar kuat” papar Widiartono.

“ Hari ini perangkat desa sudah benar-benar menjadi bagian dari NKRI. Artinya, seluruh aparat desa adalah aparatur Pemerintah yang harus tegak lurus terhadap Pemerintah sebagai bagian dari sistem pemerintahan nasional” ungkapnya.

Widiartono juga sebagai Ketua Dewan Nasional PPDI menyerukan kepada seluruh teman – teman perangkat desa di Indonesia untuk terus berkomitmen meningkatkan kualitas kinerja kita dalam rangka menyukseskan pembangunan desa .

Dan terakhir ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kemendagri yang telah menerima pengurus PPDI pada hari senin 7 Januari 2019 di Kantor Pusat Kemendagri dan telah berkomitmen membangun komunikasi dalam perjuangan membangun desa. (Rilis)

Sumber : Puspen Kemendagri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*