Ada Perubahan Juknis Tentang Bantuan Keuangan Kepada Pemerintah Desa

  • Whatsapp

PANGKALPINANG — Gubernur Erzaldi Rosman melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yulizar Adnan dalam arahannya mengatakan, tahun 2019 ini bantuan keuangan yang akan diterima oleh Pemerintahan Desa berbeda dengan pola kucuran dana yang berlaku di tahun-tahun sebelumnya, yakni dengan sistem permohonan pencairan, dengan cara mengajukan proposal kepada Gubernur Babel melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Babel, melampirkan Berita Acara Musyawarah Desa yang ditandatangani oleh Kepala Desa.

“Proposal yang telah diterima akan dilakukan evaluasi oleh tim yang ada di Pemprov Babel, sehingga apa yang dibutuhkan oleh BUMDes atau Masyarakat Desa dapat terlaksana sesuai dengan Kebutuhan yang ada di masing – masing desa,” kata Yulizar, saat memberikan pemahaman petunjuk teknis bantuan keuangan Pemprov Babel kepada Pemerintahan Desa Tahun Anggaran 2019, Selasa (12/3/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, mengusung tema “Melalui Desa Mart jadikan Pemberdayaan Yang Kuat, Ekonomi Desa Semakin Kuat,” ini diikuti Pejabat DPMD Kabupaten, Camat, Kepala Desa (Kades), Kepala BUMDES se Pulau Bangka, serta perwakila BRI. Turut mendampingi Asisten Setda dalam acara Pembukaan Sosialisasi, Kepala DPMD Babel, Yuliswan.

“Untuk alokasi bantuan ini, sebesar 16,9 milyar rupiah,” ungkap Yulizar.

Masih kata Yulizar, bantuan keuangan dari Pemprov Babel kepada Pemerintahan Desa masing – masing sebesar 100 juta rupiah per desa, untuk 169 Desa se Bangka Belitung.

“Ini akan diterima sebanyak 169 desa yang ada di Babel. Dengan rincian 19 Desa di Kabupaten Belitung, 25 desa di Kabupaten Belitung Timur, 33 Desa di Kabupaten Bangka, 46 Desa di Kabupaten Bangka Tengah, 29 Desa di Kabupaten Bangka Selatan, serta 17 Desa di Kabupaten Bangka Barat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Babel, Yuliswan mengatakan, untuk wilayah Pulau Bangka Pemerintahan Desa yang akan menerima bantuan keuangan Pemprov Babel sebanyak 125 Desa, dengan masing – masing desa akan menerima bantuan sebesar 100 juta.

“Kewajiban Pemprov Babel untuk memberikan bantuan keuangan kepada Pemerintahan Desa. Jumlah ini, ada di Pulau Bangka 125 Desa,” tegas Yuliswan.

Di akhir sosialisasi, Asisten Setda Babel Bidang Pemerintahan dan Kesra menyerahkan secara simbolis dokumen penetapan besaran penerima bantuan keuangan dan nama – nama desa penerima bantuan keuangan Pemprov. (Adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *