Senin , 25 Maret 2019
Breaking News
Home » HEADLINE » Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Gelar Lomba Bercerita

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Gelar Lomba Bercerita

BANGKA TENGAH — Dalam rangka meningkatkan minat membaca, Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menggelar Lomba Bercerita atau Sinopsis Tingkat Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidiyah se-Kabupaten Bangka Tengah.

Perlombaan yang digelar di Kawasan Mangrove Munjang Desa Kurau Barat, Bangka Tengah, mengusung tema “Menumbuhkan Kegemaran Membaca Terhadap Budaya Lokal Dalam Upaya Membangun Karakter Kecerdasan Dan Inovasi Masyarakat Bangka Tengah”.

Bupati Bangka Tengah H. Ibnu Saleh dalam sambutannya yang di wakili oleh Sekda Drs. Sugianto mengatakan, kegiatan ini tujuanya untuk meningkatkan motivasi belajar serta kreativitas anak – anak di masa pertumbuhannya, sehingga dapat mengajarkan siswa untuk belajar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Tujuannya untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas anak, sekaligus pembelajaran nilai – nilai moral dan budi pekerti, serta mengarahkan para siswa untuk memahami ajaran nilai – nilai moral dalam sebuah cerita yang bermutu,” tuturnya, Selasa (12/03/2019).

Dirinya juga berharap kegiatan lomba ini bisa menjadi sebuah stimulus dalam merangsang bakat anak, serta dapat memberikan dampak positif bagi anak – anak lainnya.

“Saya berharap lomba ini dapat mengasah bakat anak, dan juga bisa meningkatkan pengetahuan serta meningkatkan minat baca anak,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Budi Utama mengatakan, saat ini minat membaca anak – anak sudah mulai kurang, dan untuk meningkatkan kembali minat membaca, maka diadakanla perlombaan ini.

“Sekarang ini anak – anak minat membacanya sudah mulai kurang. Untuk meningkatkan kembali minatnya itu, kita gelar lomba bercerita ini tujuannya meningkatkan minat anak membaca. Kalau mereka rajin membaca akan lebih banyak lagi pengetahuan yang mereka dapatkan, karena buku adalah jendela dunia,” ujarnya.

Dilanjutkannya, peserta yang mengikuti perlombaan ini mencapai 100 peserta tingkat SD/MI se Bangka Tengah.

“100 peserta lomba bercerita SD/MI khusus Kelas V dan Kelas V SD dan MI se Bangka Tengah. Insya Allah setiap tahunnya akan kita laksanakan. Bagi pemenang lomba akan diikutsertakan ke Tingkat provinsi dan nasional,” pungkasnya. (Yan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*