Kamis , 20 Juni 2019
Breaking News
Home » HEADLINE » Bawaslu Bateng Gelar Apel Pengawasan Pemilu

Bawaslu Bateng Gelar Apel Pengawasan Pemilu

BANGKA TENGAH — Menjelang masa tenang Pemilu Serentak 2019, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah menggelar kegiatan Apel Patroli Pengawasan Anti Politik Uang, Jum’at (12/04/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Panwaslu Kecamatan Koba, yang melibatkan seluruh unsur pengawas. Mulai dari Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Robianto, Anggota Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Muhamad Utoyo dan Wahyu Tri Buwono, Panwaslu Kecamatan, Kepala Sekretariat se-Kabupaten Bangka Tengah, serta Panwaslu Kelurahan/Desa se- Kecamatan Koba. Turut hadir juga, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ari Susanto.

Dalam kesempatan ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Robianto selaku Pembina Apel, menyampaikan amanat Ketua Bawaslu Republik Indonesia pada Apel Patroli Pengawasan Antai Politik Uang, pada masa tenang jelang Pemilihan Umum Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

“Sebelum memasuki hari pemungutan dan penghitungan suara tanggal 17 April 2019, kita terlebih dahulu dihadapkan pada tugas mengawasi masa tenang yang dimulai dari 14 – 16 April 2019 mendatang. Masa ini merupakan salah satu fase krusial dalam pelaksanaan Pemilu. Untuk itu kita harus menyiapkan diri bersama – sama dengan masyarakat, kita tolak dan lawan politik uang, demi pemilu yang bersih, berintegritas dan bermartabat,” ungkapnya.

“Kegiatan ini untuk menyiagakan jajaran pengawas Pemilu untuk mewaspadai politik uang di masa tenang. Selain bertujuan membunyikan alarm atas kesiapan pengawasan, dalam melakukan pencegahan dengan gerakan patroli pengawasan,” tambah Robianto.

“Sebelumnya, masa tenang cenderung diwarnai dengan praktik – praktik kecurangan seperti politik uang, propaganda Isu SARA, Penyebaran Berita Bohong untuk saling menjatuhkan diantara sesama peserta, bahkan tak jarang terjadi benturan kekerasan antar massa pendukung peserta pemilu. Mulai hari ini kita akan bergerak serempak di seluruh wilayah pengawasan, dan karena itu, Indeks Kerawanan Pemilu 2019 yang memuat hasil penilaian terhadap potensi pelanggaran dan kerawanan, menjadi instrument handal bagi kita dalam memproyeksikan langkah-langkah antisipatif terhadap praktik politik uang, propaganda isu SARA, Berita tidak benar serta ujaran kebencian serta potensi-potensi pelanggaran lainnya,” jelasnya.

Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, mulai dari Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa serta Pengawas TPS.

“Terima kasih atas kerja keras dan usaha sungguh – sungguh untuk menjadi Pengawal Pemilu. Jaga kesehatan serta kondisi daya tahan tubuh, karena sebentar lagi puncak Pemilu 2019 akan tiba. Semoga kita dapat melaksanakan seluruh tugas dan tanggung jawab dalam agenda mensukseskan Pemilihan Umum tahun 2019” ujarnya.

Kegiatan apel patroli pengawasan ini tidak hanya dilaksanakan di tingkat kabupaten saja. Namun pada sore harinya, tepat pada pukul 14.00 WIB, juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Kantor Panwaslu Kecamatan se-Bateng, yang diikuti oleh Panwaslu Kelurahan / Desa dan Pengawas TPS di tiap – tiap kecamatan. (Rilis)

Sumber : Humas Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*