Senin , 22 April 2019
Breaking News
Home » HEADLINE » KPU Bangka Barat Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2019

KPU Bangka Barat Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2019

Simulasi Pemilu 2019 di halaman Kantor KPU Bangka Barat, Sabtu ( 13/4/2019 )

BANGKA BARAT – KPU Bangka Barat menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di halaman Kantor KPU Bangka Barat, Muntok, Sabtu ( 13/4/2019 ).

Simulasi dimulai sejak pukul 07:00 WIB dan diperkirakan akan selesai pada pukul 00:00 WIB.

Nama – nama parpol pada surat suara diganti dengan nama buah – buahan, nama paslon presiden dan caleg diganti dengan angka. Simulasi inipun dibuat sama seperti pada saat pencoblosan pada hari H, lengkap dengan saksi, linmas, pemilih serta anggota PPS.

Berperan sebagai pemilih, anggota KPPS di Kecamatan Muntok dan DPT di TPS 8 Kelurahan Sungaidaeng yang berjumlah 175 mata pilih.

Menurut Komisioner KPU Bangka Barat, Harpandi, simulasi ini dibuat sama persis seperti pada saat pencoblosan di hari H.

” Tujuannya, pertama, menjalankan tahapan program yang sudah diatur oleh KPU RI. Kedua, kita memberikan pemahaman kepada anggota KPPS untuk mensosialisikan bagaimana proses perhitungan suara itu sendiri. Ketiga, kita pengen tahu berapa lama durasi yang dibutuhkan di tiap – tiap jenis surat suara yang ada, baik itu presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan kabupaten/kota,” jelas Harpandi.

Harpandi menambahkan, durasi keseluruhan dari awal hingga akhir bisa variatif, namun idealnya dari enam kabupaten/kota di Provinsi Babel, prosesnya ada yang berlangsung hingga pukul 23:00 WIB.

Pantauan kabarbangka.com, simulasi dimulai dengan penghitungan logistik yang memakan waktu kurang lebih satu jam. Pencoblosan dimulai pukul 08:14 WIB.

Hingga berita ini diturunkan, simulasi masih berlangsung. ( SK )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*