Malam Ini, Bawaslu Bangka Tengah Akan Lakukan Patroli Pengawasan

  • Whatsapp

BANGKA — Ketua Badan Pengawas Pemilu Bangka Tengah, Robiyanto, mengatakan malam ini akan melakukan Patroli pengawasan Money Politik di wilayah Kabupten Bangka Tengah.

Minimnya alat bukti, kata Dia, menjadi kendala yang menyulitkan dalam pengungkapan money politic. Lantaran kabar yang beredar tidak dapat dijadikan bukti secara hukum.

“Untuk patroli pengawasan akan kita mulai malam ini tepat pada pukul 00:00 WIB. Terkait kendala atau kesulitan dalam pengungkapan money politik karena minimnya saksi, sehingga kabar yang beredar tidak dapat kita buktikan secara hukum. Namun, apapun kendalanya kita tetap berusaha maksimal dalam upaya melakukan pencegahan, terutama menyampaikan himbauan kepada peserta pemilu maupun masyarakat,” tutur Robianto di Koba, Sabtu (13/04/2019).

Dilanjutkan Robianto, dalam meminimalisir terjadinya dugaan politik uang, pihaknya sudah membuka 7 posko pengaduan anti politik uang yang dibuka di setiap Kantor Panwascam, dan di Kantor Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah.

“Untuk meminimalisir adanya politik uang, kita sudah membuka 7 Posko pengaduan di setiap Kecamatan. Selain itu, juga sudah menyebarkan berbagai spanduk dan baliho himbauan di seluruh Desa / Kelurahan. Totalnya sudah 63 spanduk anti politik uang yang dipasang di seluruh Desa dan Kelurahan,” ungkapnya.

Masih kata Dia, selain 63 spanduk yang dipasang, Bawaslu Bateng juga memasang 7 buah Baliho himbauan yang dipasang di setiap pusat Kecamatan, yang didalamnya tercantum Nomor Call Center yang dapat dihubungi oleh masyarakat selama 1 x 24 jam.

“Sudah 7 baliho himbauan kita pasang di seluruh Kecamatan, jika masyarakat hendak melaporkan adanya praktik – pratik politik uang. Bahkan kita juga sudah memasang iklan pemberitahuan di media massa maupun di media elektronik terkait anti politik uang, agar gerakan ini menjadi bentuk kesadaran bersama seluruh element masyarakat, dalam mewujudkan Pemilu Tahun 2019 yang Demokratis dan bermartabat,” jelasnya.

Sejauh ini, kata Robiyanto, tidak ada intimidasi dari pihak atau oknum tertentu yang merasa terganggu dengan sosialisasi anti politik uang, yang digencarkan oleh Bawaslu Bangka Tengah.

“Alhamdulillah, sampai saat ini tidak ada intimidasi yang dialami oleh jajaran Pengawas Pemilu di Bateng. Kita berharap intimidasi – intimidasi terhadap seluruh jajaran pengawas tidak terjadi. Untuk memberikan rasa aman kepada anggota pengawas di lapangan, kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak Polres Bangka Tengah yang akan selalu Standby di Kantor Panwaslu Kecamatan, hingga selesainya tahapan rekapitulasi penghitungan di tingkat Kecamatan,” kata Dia.

Ia juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pihak Polres Bangka Tengah, yang telah membantu memberikan rasa aman kepada seluruh jajaran Bawaslu Bangka Tengah.

“Terima kasih saya ucapa kepada Bapak Kapolres Bateng AKBP Edison Ludy Bard Sitanggang, yang telah membantu dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh jajaran pengawas di Bateng dalam melakukan tugas-tuga pengawasan di lapangan,” pungkasnya. (Yan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *