Senin , 22 April 2019
Breaking News
Home » ADVETORIAL » Nelayan Adalah Pahlawan Protein Bagi Msyarakat

Nelayan Adalah Pahlawan Protein Bagi Msyarakat

BANGKA TENGAH — Sambut Hari Nelayan Nasional yang ke 59, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan dan Kelautan meluncurkan Sistim Informasi Daerah Operasional Potensial Ikan ( Sidolpin ) di Pan Pantai Semujur, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Senin (09/04/2019).

Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H Ibnu Saleh, MM dalam sambutannya mengatakan, nelayan adalah seorang pemberani yang bekerja keras di lautan dengan segala resiko. Hasil nelayan sangat di butuhkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan protein hewani yang potensial.

“Nelayan adalah pahlawan protein dalam memenuhin asupan protein bagi kita semua. Perjuangan nelayan harus kita hargai dan banggakan, mereka bekerja keras di lautan dengan segala resiko yang dihadapi. Namun kita juga tidak dapat memungkiri kenyataan, di tengah kekayaan alam laut yang berlimpah, justru berbanding terbalik dengan kondisi nelayan saat ini. Untuk itu semua Pemerintah Daerah Bangka Tengah terus berupaya dalam mensejahterakan nelayan, dengan cara memfasilitasi dan memberikan bantuan pendukung seperti sarana dan prasaraan yang dibutuhkan nelayan kita ini, mulai dari alat tangkap, tambatan atau dermaga kapal, sampai dengan asuransi nelayan,” tutur Ibnu Saleh.

Lebih lanjut ia mengatakatan, salah satu upaya Pemerintah Daerah Bangka Tengah dalam meningkatkan kesejahteraan Nelayan, adalah dengan membuat kebijakan dan regulasi yang mudah bagi nelayan kecil.

“Pemerintah Daerah Bangka Tengah memberikan dukungan penuh kepada nelayan, dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya ikan sebagai sumber protein. Kita tunjukan dukungan pemerintah dengan cara menyediakan sarana dan prasarana, serta teknologi bagi nelayan dalam mencari ikan,. Selain itu juga dukungan asuransi nelayan untuk melindungi nelayan kecil,” ungkapnya.

Ditambahkan Bupati, selain asuransi, sarana dan prasarana bentuk dukungan lain yang di berikan pemerintah ialah teknologi Sidonpil “Sistim Infomasi Daerah Operasional Potensial Ikan, gunanya untuk meningkatkan Produktivitas penangkapan ikan yang dihasilkan oleh nelayan.

“Sidolpin ini merupakan salah satu inovasi dan teknologi yang diciptakan Dinas Kelautan dan perikanan, dalam mendukung serta meningkatkan tangkapan nelayan. Teknologi ini membantu para nelayan menjangkau daerah penangkapan ikan yang potensial dengan mudah, sehingga para nelayan bisa lebih banyak mendapat tangkapan dan menghemat bahan bakar serta efisiensi waktu. Diharapkan dengan adanya teknologi ini, bisa membantu nelayan menjadi lebih sejatera lagi, dan produktivitas tangkapan meningkat,” pungksnya.

Selain dihadiri Bupati Bangka Tengah, dalam acara Peringatan Hari Nelayan tersebut nampak hadir Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Bangka Tengah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikana Provinsi Bangka Belitung, Kapala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Ketua HNSI Babel, Kepala Dinas Kominfo Bangka Tengah, Tokoh Masyarakat dan Nelayan se -Bangka Tengah. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*