Senin , 22 April 2019
Breaking News
Home » HEADLINE » Pupuk Bersubsidi, Harus Disalurkan Untuk Yang Betul – betul Membutuhkan

Pupuk Bersubsidi, Harus Disalurkan Untuk Yang Betul – betul Membutuhkan

BANGKA TENGAH — Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, melalui Sekretaris Daerah Pemprov Babel Yan Megawandi, meminta kepada Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3), distributor dan pengecer di Babel, agar pupuk subsidi yang ada disalurkan tepat sasaran kepada yang betul – betul membutuhkan.

Hal itu disampaikan Sekda Babel Yan Megawandi, saat membuka Rapat Koordinasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Tingkat Provinsi Bangka Belitung, Kamis (11/04/2019) di Hotel Soll Marina, Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah.

Rakor ini diikuti Organisasi Perangkat Daerah terkait di lingkup Pemprov Babel, serta perwakilan Pemkab dan Pemkot se- Babel, juga Distributor dan Pengecer Pupuk yang ada di Babel.

“Sekiranya, kalau sudah ada subsidi, jangan sampai pupuk subsidi itu jatuh ke tangan orang yang tidak berhak. Karenanya, harus ada sanksi yang cukup tegas untuk itu,” tegasnya.

Ketua komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida Babel juga mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh KP3 ini secara rutin telah dilakukan, dan ada beberapa hasil yang telah disepakati dan dapat dicapai, serta kinerja KP3 pada Tahun 2017 yang lalu dinilai cukup bagus. Pemprov Babel berkeinginan untuk mempersiapkan evaluasi pada rapat koordinasi berikutnya nanti.

“Juga berkoordinasi dengan pemerintah pusat, jajaran instansi vertikal yang ada di daerah, serta teman – teman dari kabupaten / kota, serta bagaimana caranya kita meningkatkan kinerja? Supaya mutu kinerja pengawasan pestisida dan pupuk bersubsidi ini, bisa kita tingkatkan dari hari ke hari,” kata Dia.

Dikatakannya, pemerintah sudah cukup intens melakukan evaluasi, dan memang telah membuat rencana yang lebih strategis. Sehingga upaya yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah pupuk bersubsidi yang masuk ke Babel dari hari ke hari mengalami peningkatan.

Selain itu, dengan adanya rapat koordinasi dengan pemerintah pusat ini, diharapkan kepada para anggota komisi meningkatkan kinerjanya dalam melakukan pengawasan pupuk dan pestisida di Babel. Karena tantangan yang sering dihadapi oleh KP3 dalam pengawasan terhadap indikasi peredaran pupuk serta pestisida ilegal, memberikan dampak terhadap penyesuaian kebutuhan dan struktur keanggotaan, serta mekanisme pekerjaan yang akan dilakukan oleh KP3. (Red)

 

Sumber : Humas Pemprov Babel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*