Pendidikan Mempunyai Peranan Penting Dalam Perkembangan Kehidupan

  • Whatsapp

BANGKA TENGAH — Dalam kehidupan suatu bangsa, pendidikan mempunyai peranan yang amat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan, sangat tegas konstitutis kita menyatakan bahwa salah satu tujuan pemerintah Negara Indonesia yang di hantarkan oleh perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia adalah memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan Bangsa.

Muat Lebih

Demikian dikatakan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI dalam amanatnya, yang disampaikan Bupati Bangka Tengah DR. Ir. H. Ibnu Saleh, MM, saat menjadi Inspektur upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Halaman SMPN 1 Koba, Kamis (02/05/2019).

Masih kata H. Ibnu Saleh, pembangunan pendidikan berkualitas juga merupakan salah satu target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals ( SDGs ), untuk mendorong kesejahtraan semua kalangan.

“Salah satu langkah yang dilakukan adalah membangun SDM berkualitas penduduk usia muda dan dewasa, untuk memiliki pengetahuan serta skill yang relevan, termasuk Vocation Skill, agar mampu mendapatkan pekerjaan yang layak dan memiliki jiwa kewirausahaan,” kata Dia.

Memajukan pendidikan, lanjutnya, sama dengan berperan dalam implementasi SDGs untuk tujuan berkontribusi pada peringatan kesejahtraan bangsa Indonesia.

“Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini temanya mewujudkan SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter. Tema ini sangat relevan untuk menghadapi kondisi dunia yang berkembang menjadi semakin kompleks, dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat. Revolusi perangkat lunak telah mentransfomasikan kegiatan ekonomi, dengan sebagian pekerja yang ada akan digantikan oleh otomatisasi,” tuturnya.

Dilanjutkannya, sebagai insan pendidikan tinggi harus memahami dan mengembangkan teknologi, terus menciptakan inovasi disertai kemampuan belajar sepanjang hayat, melalui kemampuan ini, kualitas manusia akan terus terjaga dalam era disrupsi ini.

“Mari kita sama sama wujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur melalui pendidikan tinggi dengan mensinergikan dharma pendidikan, penelitian – pengabdian pada masyarakat, yang didukung oleh efektivitas pentahelix pentahelix antara universitas, pemerintah, swasta / industri, serta masyarakat dan media, terutama dalam pengembangan mutu mahasisa dan lulusan,” tutupnya. (Adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *