Rabu , 26 Juni 2019
Breaking News
Home » HEADLINE » Titik Temu Belitong 2019, Manjakan Kaum Milenial

Titik Temu Belitong 2019, Manjakan Kaum Milenial

Replika kapal di Pantai Gusong Bugis, karya Deni Rahayuni

BELITUNG — Perhelatan Festival Titik Temu Belitong (TTB) yang dipusatkan di pantai Ujung Seberang, Pantai Gusong Bugis, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada 29-30 Juni mendatang didesain untuk sebanyak mungkin menggaet wisatawan muda atau milineal dari seluruh Indonesia untuk bertualang di Belitong.

Daerah wisata seluas lebih kurang 575 hektar itu akan disulap sebagai tempat para milineal mengekspresikan diri dengan keindahan alam yang didesain khusus dengan menyediakan sejumlah tempat berswafoto indah (selfie), sehingga layak untuk diunggah di Instagram (instragramable).

Di areal lahan konservasi yang dikelola oleh komunitas Hutan Kemasyarakatan (HKM) binaan Kementerian Kehutanan tersebut sedang dibangun berbagai titik-titik khusus bagi para milineal untuk bisa berfoto bersama rekan-rekannya sehingga mendapat koleksi foto yang bisa dibagikan di Instagram (Instagramable).

“Di sini kami sudah membuat replika kapal yang sekaligus bisa menjadi tempat pemberhentian dan juga restoran. Kapal ini kami buat sedemikian rupa sehingga pengunjung bisa leluasa berfoto ria. Apalagi akses menuju replika kapal tersebut menggunakan jembatan kayu seperti layaknya akses untuk tempat wisata hutan bakau atau mangrove,” kata Wandi Ketua Komunitas HKM Ujung Seberang.

Wandi mengatakan, Festival Titik Temu yang puncaknya pada 30 Juni sore dengan pertunjukan spektakuler tari kolosal yang melibatkan 200 penari bersamaan dengan suguhan sunset, sejak sehari sebelumnya, 29 Juni 2019, sudah diawali dengan pesta rakyat. “Berbagai stan yang melibatkan komunitas dan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) akan menjajakan berbagai jenis kuliner khas Belitong dan suvenir. Juga akan ada makan bareng dengan tradisi bedulang. Pokoknya seru banget,” kata Wandi.

Ia juga mengatakan bahwa para milineal bisa datang lebih awal dengan menginap di pinggir pantai. “Kami akan siapkan sejumlah tenda kemah sewaan yang nyaman dan menikmati udara pagi di pinggir laut,” kata Wandi.

Pemerintah Kabupaten Belitung rupanya memanfaatkan sikap dan kebiasaan kaum milineal yang kreatif serta menyukai tempat-tempat baru yang belum pernah dieskpos. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto membenarkan hal itu, saat ditanya di ruang kerjanya pada 8 Mei 2019. Hermanto mengatakan, pantai Ujung Seberang adalah tempat wisata baru dan belum masif diketahui oleh wisatawan.

“Untuk itu, tempat ini cocok untuk kaum milenial. Kami tahu zaman sekarang, kaum milineal suka petualangan bersama teman-teman, apalagi memasuki masa liburan. Nah, jangan lupa datang ke Belitong pada 30 Juni 2019,” kata Hermanto. (Rilis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

error: Content is protected !!