Bahrul Simpan Bantuan PT. Timah sebagai Modal Cadangan

  • Whatsapp
Panen udang laut ( ilustrasi )
Panen udang laut ( ilustrasi )

BANGKA BARAT – Sudah tiga puluh tahun lebih Bahrul, warga Desa Air Lintang Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat menekuni usaha tambak udang laut. Pasang surut dan asam garamnya telah banyak dirasakan duda berusia 60 tahun ini.

Saat ini pun dia mengakui, pasar udang agak sepi. Namun Bahrul punya usaha lain selain tambak udang, seperti jual kopi, buka warung dan lain – lain, walaupun fokus utamanya tetap pada tambak udang.

Muat Lebih

” Sekarang warung kita tutup dulu karena nggak ada yang menjalankan, fokus ke udang dulu,” kata Bahrul saat dihubungi via telepon, Jum’at ( 28/6/2019 ).

Sekarang ini, dalam sehari dia mampu menjual udangnya ke Pangkal Balam sebanyak 10 hingga 15 kilogram. Jumlah itu menurutnya termasuk agak sepi. Udang berukuran besar dia jual ke luar kota, sedangkan udang kecil dia jual di sekitar Tempilang.

Namun pondasi usaha Bahrul tergolong kokoh. Sejak dulu dia menyiasati penggunaan modal dengan menyimpan dana cadangan di bank, termasuk tambahan modal dari PT. Timah yang akan ia gunakan dalam keadaan mendesak. Sikap hati – hatinya itulah yang membuat dia dapat bertahan selama puluhan tahun.

” Seminggu lebih lah keluar duitnya. Uang dari PT. Timah masih di bank belum diambil, jadi kalau kepepet baru uang yang di bank itu kita cabut, itu untuk cadangan,” katanya.

Dirinya mengetahui ada pinjaman modal dari PT. Timah dari karyawan – karyawan yang sering singgah di desanya. Setelah itu, warga diundang rapat oleh Kepala Desa bersama pihak PT. Timah.

” Kita ini kan di pinggir pantai, karyawan timah sering singgah disini, kebetulan dipanggil Kades rapat, kebetulan ada kuasa PT. Timah, kita nanya ada nggak bantuan untuk nelayan ini, dia bilang ada, cepat ke PT. Timah,” tutur Bahrul.

Dengan adanya bantuan tersebut, Bahrul merasa sangat terbantu. ” Seneng sekali lah kita atas bantuan itu, bisa bermanfaat,” ujarnya. ( SK )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *