Alumni SMP N 1, Bikin Kue Pelite Besar untuk Angkat Citra Kota Seribu Kue

  • Whatsapp
Kue Penganan Pelite besar di SMP N 1 Muntok.
Kue Penganan Pelite besar di SMP N 1 Muntok.

BANGKA BARAT – Kue khas kota Muntok, Penganan Pelite yang biasanya berukuran kecil, hanya kurang lebih 5×3 sentimeter, kali ini dibuat dengan ukuran besar. Tidak main – main, kue berbungkus daun pandan ini dibuat oleh Ikatan Alumni SMP Negeri 1 dengan ukuran, panjang 120 sentimeter, lebar 50 sentimeter dan tebal 10 sentimeter.

Kue ini dibuat dan dipamerkan dalam acara Internalisasi Nilai Kebangsaan ( Inti Bangsa ) Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di SMP Negeri 1 Muntok, Rabu ( 17/7/2019 ) siang.

Muat Lebih

Aksi membuat kue besar ini pun menarik perhatian para guru IPS berprestasi dari seluruh Indonesia yang sedang berkunjung ke sekolah model berwawasan sejarah ini. Beberapa orang dari mereka tertarik untuk bertanya dan mengambil gambar.

Menurut sang koki, Sunarti alias Mak Long, kue besar ini membutuhkan
tepung beras sebanyak 5 kg, santan dari 20 butir kelapa dan gula pasir sebanyak 4 kg. Bahan tambahan lain yaitu garam dan sagu. Dandang untuk mengukus kue ini sepanjang 170 sentimeter.

Wakil Ketua Ikatan Alumni SMP Negeri 1 Muntok, Ari selaku penggagas kue Penganan Pelite besar ini mengungkapkan, kue ini mereka buat untuk mengangkat citra kota Muntok sebagai Kota Seribu Kue.

Sebagai langkah awal, mereka mengangkat kue Penganan Pelite terlebih dulu karena kue ini memang sudah sangat familiar. Tidak hanya sampai disini, selanjutnya mereka berniat membuat kue Penganan Pelite yang lebih besar lagi pada HUT kota Muntok bulan September mendatang.

” Insya Allah habis ini kita akan mengangkat kue pelita besar, kita juga akan buat galeri yang ketika pembeli datang memesan, kuenya kita buat, jadi ngadon disitulah, pemesan liat prosesnya, kuenya masih panas,” jelasnya.

Ide besar lainnya yang dipikirkan Ari dan rekan – rekannya selain ini, mereka berkeinginan mengenalkan kue Penganan Pelite hingga ke manca negara.

” Insya Allah nanti kita ada ide – ide lain yang bisa dikirim ke luar negeri, kue Penganan Pelite ini lah bagaimana bisa sampai ke luar negeri,” ujarnya. ( SK )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *