Nganggung 1000 Dulang, Tradisi Budaya Babel di TCOF 4

  • Whatsapp

BANGKA SELATAN — Usai menikmati pertunjukan Ngarak Telok Serujo di sepanjang Jalan Jendral Sudirman, Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer bersama unsur Forkopimda, tamu undangan dan ribuan masyarakat menuju rumah dinas Bupati, Jl. A. Yani Toboali, untuk berpartisipasi dalam acara Nganggung 1000 dulang, yang merupakan bagian dari rangkaian Toboali City on Fire (TCoF) Season 4, pada Minggu (28/7/2019) siang.

Nganggung, merupakan merupakan wujud semangat gotong-royong antarwarga. Dan tradisi ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi sesama warga, supaya tercipta kerukunan dan kedamaian.

Tradisi masyarakat Bangka Belitung, khususnya Bangka Selatan ini diselenggarakan Pemkab Bangka Selatan melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga. Dimana dari perwakilan instansi dan organisasi bersama masyarakat membawa makanan lengkap di atas dulang kuningan yang ditutup dengan tudung saji. Tradisi ini biasanya dilakukan pada upacara-upacara keagamaan, seperti Mauludan, Nisfu Sya’ban, dan pada kegiatan Muharam.

Masyarakat yang hadir dari berbagai daerah tampak menikmati hidangan makanan yang khas. Dalam satu buah dulang berisi ragam menu makanan khas Toboali. (Adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *