Penambang Timah Temukan Benda Mirip Granat Nanas

  • Whatsapp

BANGKA — Sigit (43), warga Desa Cit, Kecamatan Riau Silip, menemukan benda yang mirip dengan bom granat nanas. Benda mirip granat nanas itu ditemukan di eks tambang pasir  timah Kampung Kerandan, Dusun Sidorejo, Desa Cit, pada Minggu (11/08/2019) petang.

Benda tersebut diduga berupa bahan peledak seperti granat, dengan Ciri- ciri berbentuk seperti granat jenis nanas, berat 2 kg, berwarna hitam kecoklatan, ada pematik dibagian bawah dan atas.

Informasi yang diterima redaksi, pada saat ditemukan, benda tersebut dalam keadaan agak rusak. Ada pecahan dibagian samping, namun kondisi benda masih utuh seperti bentuk granat nanas.

Benda yang diduga granat nanas itu pertama kali ditemukan Sigit dan rekannya, Minggu petang. Saat itu Sigit dan rekannya sedang melakukan aktivitas penambangan timah.

Ketika sedang menyedot pasir, tiba-tiba pipa yang digunakan buntu, sehingga saksi mematikan mesin tambang. Selanjutnya Sigit mengecek penyebab pipa tersebut buntu. Saat diperiksa, ditemukanlah benda berbentuk bulat yang diduga granat, tersangkut di dalam pipa tersebut. Selanjutnya benda tersebut diamankan oleh Sigit dekat Kamp TI miliknya.

Sekira pukul 22.00 WIB, Sigit melaporkan penemuan tersebut ke Ketua RT setempat, Jupri, yang langsung melaporkan ke anggota Bhabinkamtibmas Desa Cit, Brigadir Aprizal.

Setelah mendatangi dan mengamankan TKP, Brigadir Afrizal melaporkan penemuan tersebut ke Kapolsek Riau Silip. Laporan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh anggota piket SPK Polsek Riau Silip, dengan memasang police line.

Keesokan harinya, Tim Jihandak Sat Brimob Polda Babel yang dipimpin IPTU Yudi, dan di dampingi oleh Kapolsek Riau Silip IPTU Suhendra, tiba di TKP pada Senin (12/08/2019) siang. Petugas pun langsung melakukan tindakan sesuai SOP yang berlaku.

Dari hasil pengecekan oleh Tim Jihandak, diduga benda berbentuk besi bulat tersebut yakni berupa bandulan alat pengeboran PT Timah zaman dulu. Namun benda tersebut tetap diakukan pengamanan dari tim Jihandak.

Benda yang mirip dengan granat nanas tersebut, diduga sudah lama tertanam dalam tanah. Hal tersebut terlihat dari kondisi benda yang sudah mulai berkarat. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *