Bupati Buka Festival Bangka Tengah Berliterasi

  • Whatsapp

BANGKA TENGAH — Bupati Bangka Tengah secara resmi membuka Festival Bangka Tengah Berliterasi, yang digelar di halaman eks Bandara Lama Pangkalan Baru, Bangka Tengah, pada Rabu (30/10/2019).

Dalam sambutannya Bupati Bangka Tengah DR. Ir. H. Ibnu Saleh MM mengatakan, literasi bukan hanya sekedar membaca, tapi bagaimana seseorang bisa menyerap nilai-nilai positif dari apa yang dibaca. Kalau sekedar yang bisa membaca banyak, tapi belum tentu terliterasi dengan baik.

Muat Lebih

“Literasi bukan hanya dibaca, akan tetapi lebih kepada menyerap ilmu dan pengetahuan dari buku yang kita baca. Serap ilmunya, manfaatkan nilai-nilai positif yang terdapat dalam isi buku,” ujarnya.

Dilanjutkan Bupati, pintu masuk untuk mengambangkan budaya Literasi Bangsa adalah, melalui bahan bacaan dan minat baca anak sebagai bagian penting pebumbuhan budi pekerti.

“Gerakan Literasi merupakan amanat dari pembukaan UUD 1945, kembangkan budaya membaca dan betapa pentingnya peran budaya membaca, dalam memperteguh serta daya kemampuan. Mari kita tumbuhkembangkan minat membaca untuk menambah wawasan kita, mengenai dunia dan lingkungan sekitar kita,” lanjutnya.

Orang nomor satu di Bangka Tengah itu melanjutkan, perpustakaan sebagai pusat Literasi ditengah masyarakat tidak akan terwujud, apabila daerah masih mengabaikan pemeliharaan dan pemanfaatan perpustakaan, terutama di Desa.

“Saya berharap melalui Bangka Tengah Berliterasi ini, bisa lebih meningkatkan kembali minat membaca dan menulis di desa-desa, yang mana hasil dari karya tulisnya tentang asal usul desa yang ada di Bangka Tengah, akan dijadikan cerita rakyat serta dibukukan, dan menjadi bahan koleksi perpustakaan daerah,” kata dia.

Dalam acara pembukaan Bangka Tengah Berliterasi juga nampak hadir Kepala perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Kepala Deputi Bidang Pegembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional Rpeublik Indonesia, Pendiri Literasi Nasional Dra. Pengesti Wiedarti, Ph. D, Ketua DPRD Bateng Mehoa, Kapolres Bangka Tengah AKBP Slamet Adi Purnomo, Sekda Bangka Tengah Drs. Sugianto, seluruh Kepala OPD Pemkab Bateng, tamu undangan lainnya dan para peserta. (Adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *