Bupati Kukuhkan Komunitas Literasi Bangka Tengah

  • Whatsapp

BANGKA TENGAH — Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah, pada hari kedua pagelaran “Festival Bangka Tengah Berliterasi 2019” di Eks Bandara Depati Amir, Kecamatan Pangkalan Baru, Kamis (31/10/2019).

Kegiatan yang dimulai dengan pelanyikan dan pengukuhan Pengurus “Komunitas Literasi Bangka Tengah”, yaitu Ketua : Poni Auri, S. Pd (Atap Langit), Wakil Ketua : Gustini (Pedindang), Sekretaris : Lutpi Majidi, Bendahara : Evi Rahayu (Atap Langit), yang terpilih melalui pemilihan secara musyarawarah dan mufakat oleh Bupati Bangka Tengah DR. Ir. H. Ibnu Saleh, MM dan sekaligus pembagian hadiah pemenang festival literasi.

Muat Lebih

“Kita akan konsisten dalam memajukan dan mencerdaskan anak-anak didik, masyarakat kita dalam membangun karakter yang unggul dalam berliterasi,” kata Bupati Bangka Tengah DR. Ir. H. Ibnu Saleh, MM dalam sambutannya.

Lebih lanjut H. Ibnu Saleh menjelaskan, kepekaan atau literasi pada seseorang tentu tidak muncul begitu saja, generasi literat membutuhkan proses panjang dan sarana yang kondusif.

Bupati Ibnu menambahkan proses ini dimulai dari kecil dan dari lingkungan keluarga, lalu didukung atau dikembangkan di sekolah, lingkungan pergaulan, dan lingkungan pekerjaan.

“Budaya literasi juga sangat terkait dengan pola pembelajaran di sekolah, dan ketersediaan bahan bacaan di perpustakaan,” kata dia.

Tapi literasi tidak harus diperoleh dari bangku sekolah atau pendidikan yang tinggi, pada dasarnya kepekaan dan daya kritis akan lingkungan sekitar lebih diutamakan, sebagai jembatan menuju generasi literat, yakni generasi yang memiliki ketrampilan berpikir kritis terhadap segala informasi, untuk mencegah reaksi yang bersifat emosional.

“Budaya inilah yang harus kita tumbuhkan, agar masyarakat kita memiliki generasi yang berkarakter unggul,”  imbuhnya.

Melalui Bangka Tengah Berliterasi ini, kedepan Pemkab Bangka Tengah akan mendukung kegiatan secara nasional.

“Kita akan undang para ahli pustakawan, para literat seluruh Indonesia untuk melaksanakan kegiatan “Festival Literasi Al-Quran” di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ungkap H. Ibnu Saleh menjawab pertanyaan awak media.

Melalui ” SI UNGGUL BERGEMA”, (Siswa, Umum, Guru Menulis Bersama Gemar Membaca) di tahun depan kita akan akan laksanakan kegiatan Berliterasi Nasional,” ujarnya.

H. Ibnu Saleh mengucapkan terimakasih kepada seluruh Panitia Festival Literasi, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Budi Utama beserta Tim, sponsor, para awak media, anak-anak didik sekolah dasar, yang telah berpartisipasi melaksanakan kegiatan festival berliterasi dan kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung acara ini dengan sukses.

Dalam sambutan yang sama, Ketua Komunitas Literasi Bangka Tengah, Poni, menyampaikan dengan terbentuknya Komunitas Litetasi dapat meningkatkan semangat membaca dan menulis masyarakat di Bangka Tengah, dan sebagai wadah bagi kawan-kawan pengelola Taman Bacaan Masyarakat dan Perpustakaan Desa, serta penggiat literasi yang ada di Bateng, untuk bersama – sama menggerakan literasi yang ada di masyarakat.

“Upaya kedepan komunitas ini memproritaskan dalam mengenalkan dan mendekatkan buku kepada masyarakat,” ujar Poni.

Pada hari kedua pembukaan Festival Bangka Tengah Berliterasi, yakni lomba menulis karya ilmiah tentang literasi pendidikan, menulis asal usul desa yang ada di Bangka Tengah, melukis flora dan fauna yang ada di Kepulauan Bangka Belitung.

Turut hadir pada acara ini, yakni Kepala Dinas Kearsipan dan perpustakaan, Kabag Humas dan Protokol, Camat Pangkalan Baru, Ketua Kelompok Literasi Provinsi Bangka Belitung Feriyandi (Komeng), beserta anggota Kepala Desa, guru-guru SD, SMP dan SMA dan juga dari siswa siswi SD, SMP dan SMA yang ada di Kabupaten Bangka Tengah. (Adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *