Kapolda Babel Dialog Dengan Mahasiswa

  • Whatsapp

Dihadiri Bupati Dan Kapolres Bangka

BANGKA — STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka, menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema “Peran Mahasiswa Menjaga Kebhinekaan dalam Bingkai NKRI dan Pancasila di Kabupaten Bangka, pada Rabu (19/10/2019).

Kegiatan tersebut digelar di Kafe Kawamua Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Pahlawan 12, Bangka, yang dihadiri oleh Bupati Bangka, Mulkan, Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono, dan Kapolda Babel, Brigjen Pol Istiono, serta para perwakilan Mahasiswa yang ada di Kabupaten Bangka.

Salah satu mahasiswa Stisipol P12, Sholihin, sempat menanyakan kepada Kapolda Babel, perihal penanganan Polisi terhadap para mahasiswa yang baru-baru ini terjadi.

Menurut Kapolda, hal tersebut sebenarnya diluar kendali, atau pun dilakukan oleh oknum. Ia mengatakan, anggota Polri dalam menjalankan tugasnya tetaplah patuh terhadap hukum dan HAM.

“Kalau ada penangan represif, oknumnya juga akan dihukum. Ada hukumannya, gak ada kompromi untuk hal itu, apabila terjadi di sini,” jelasnya.

Sebenarnya hal tersebut, dikatakannya, tidak akan terjadi, apabila rambu-rambu prihal demo dijalankan dengan baik, ditambah segala aturan ditepati, seperti contohnya durasi demo yang ada di undang-undang (UU).

“Unjuk rasa ini batasnya sampai maghrib. Tapi ada yang anarkis, dia menyusup yang membuat gaduh,” terang Kapolda.

“Saya yakin, kalau semua patuh terhadap undang-undang, tidak akan terjadi yang seperti itu,” lanjutnya.

Menurutnya, untuk penanganan demo di Bangka Belitung sendiri, sampai saat ini tetap berlangsung kondusif. Pihak keamanan pun tidak dipersenjatai saat berlangsungnya pengamanan demo.

“Kalau di sini saya batasi, tidak boleh bawa senjata. Bahkan pentungan pun tidak boleh,” katanya.

Lebih lanjut Kapolda menegaskan, adanya pihak kepolisian saat aksi demo, bukan sebagai musuh, melainkan ingin melayani para pendemo.

” ini lah potret wajah mahasiswa yang ada di sini. Sangat baik dan tertib. Dan selalu menjaga keamanan, dan menyuarakan kepentingan masyarakat,” demikian Brigjen Pol Istiono. (Mg/2)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *