Patroli Elang Laut DKP Babel Belum Temukan Aktifitas Kapal Trawl di Babar

  • Whatsapp
Kasi Pengawasan Sumber Daya Kelautan DKP Babel, Sandi Lazwardi di Pelabuhan Ikan Muntok, Bangka Barat. ( Foto: Antoni )

BANGKA BARAT – Kapal Patroli Elang Laut milik Dinas Kelautan dan Perikanan ( DKP ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dipimpin Kapten Haris Usman telah selesai menjalankan misi pertamanya menyisir Perairan Bangka Barat dari aktifitas Kapal Trawl, Rabu ( 9/10/2019 ).

Rute penyisiran dimulai dari perairan Tanjung Ular, Teluk Limau, Penganak hingga ke perairan Karang Ular.

Dalam operasi yang dilakukan selama beberapa hari ini, DKP Babel belum menemukan adanya kapal trawl yang beraksi.

” Sejauh ini belum kami temukan ya, artinya bukan tidak ada,” ujar Kasi Pengawasan Sumber Daya Kelautan DKP Babel, Sandi Lazwardi.

Dia menduga, operasi rahasia ini telah bocor duluan, padahal menurutnya, demi menjaga kerahasiaan, crew bahkan Kapten tidak diberi tahu tujuan operasi sejak kapal bertolak.

” Pergerakan kami cukup silent. Kami rasa operasi senyap kami ini bocor, karena belum ditemukan adanya gerakan kapal trawl,” duga Sandi.

Namun dia menegaskan, pihaknya belum menyerah dan misi ini akan dilanjutkan tim dari Satuan Pengawas (Satwas) KKP DKP Provinsi Babel.

” Operasi kami sampai besok, nanti kami balik ke markas, operasi dilanjutkan kembali Satwas KKP,” tukas Sandi.

Masih kata Sandi, Kapal Patroli Elang Laut sempat melakukan pengintaian hilir mudik kapal di Pelabuhan Ikan Muntok, sore tadi karena pelabuhan ini disinyalir merupakan tempat bongkar muat kapal trawl. Selain itu, sejumlah kapal yang diduga kapal trawl juga terlihat bersandar ditempat tersebut.

Namun kata dia, meskipun pihaknya telah mengetahui ciri – ciri kapal dan alat tangkap trawl, pihak DKP Babel tidak bisa berbuat terlalu jauh kecuali bila ada yang tertangkap tangan. ( Red 2 )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *