Puskesmas Riau Silip Sukses Gelar Donor Darah

  • Whatsapp

BANGKA — Dengan mengusung tema ‘Darahku Bukti Cinta Untuk Sesama’, berbagai elemen yang terdiri dari Puskesmas Riau Silip, BKPRMI Bangka, Komunitas Pendonor Darah (KPD) Bangka, PMI Bangka, Kecamatan Riau Silip dan Pramuka Saka Bakti Husada Ranting Riau Silip berkerjasama menyelenggarakan aksi sosial berupa donor darah bersama yang diselenggarakan di PKM Riau Silip pada Sabtu (19/10/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ini berhasil mengumpulkan 47 kantong darah.

Dokter Hery Rachmadoni, Ketua Panitia Donor Darah Bersama mewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah mendukung kegiatan ini terutama kepada para pendonor.

“Alhamdulillah, kegiatan bakti sosial di PKM Riau Silip ini berjalan dengan lancar, peserta pendonor sangat antusias. Sebanyak 59 calon pendonor darah yang terdiri dari perwakilan Pemuda Remaja Masjid (PRM) BKPRMI Bangka, KPD, aparat Desa, staf kecamatan, anggota Saka Bakti Husada, perwakilan PT THEP dan masyarakat Riau Silip melakukan pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan tensi dan pemeriksaan PTM seperti cek gula darah, kolesterol, asam urat dan pemeriksaan darah. Dari 59 calon pendonor, yang memenuhi syarat sebagai pendonor yakni 47 orang. Jumlah ini melebihi target awal kami yakni sebanyak 30 pendonor,” ungkap dr. Hery.

“Kegiatan tadi diselingi dengan penyuluhan tentang filariasis (kaki gajah) oleh pengelola program filariasis yang disertai dengan pemutaran video tentang kaki gajah dan promosi kesehatan,” imbuhnya.

Hari Subari, Ketum BKPRMI Bangka yang ikut mendonorkan darahnya mengharapkan sinergitas yang terjalin dengan baik ini bisa dilanjutkan.

“Semoga kegiatan ini mendatangkan manfaat bagi kita semua, terutama bagi masyarakat yang membutuhkan. Kita sering mendengar tentang stok darah yang kurang, harapan kita kegiatan ini bisa membantu. BKPRMI Bangka siap bersinergi melakukan program kesehatan maupun lainnya yang langsung menyentuh masyarakat di kabupaten Bangka” ujar Hari.

Muharlis, Pemuda Remaja Masjid dari Desa Riau yang merupakan salah seorang pendonor mengaku gembira mengikuti kegiatan darah ini.

“Ini merupakan donor darah perdana bagi saya, diharapkan bisa memberikan manfaat bagi yang membutuhkan. Karena baru pertama kami, sempat tegang dan deg-degan juga. Tapi setelah dilalui ternyata tidak sakit seperti yang dibayangkan sebelumnya. Insya Allah kedepan saya akan menjadi pendonor darah rutin” demikian Muharlis. (Mg/2)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *