Warga Batu Beriga Tolak Keras Tambang Timah Laut

  • Whatsapp

BANGKA TENGAH — Ratusan warga Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, mendeklarasikan dan bersepakat, serta berkomitmen menolak keras adanya aktivitas penambangan timah laut di Desa Beriga.

Penolakan tersebut dilakukan masyarakat, untuk menjaga kerusakan laut yang disebabkan oleh keserakahan para pengusaha atau penambang, yang dengan seporadis menghancurkan potensi laut. Hal itu dibuktikan masyarakat dengan cara menggelar deklarasi damai, serta membubuhkan tanda tangan di atas spanduk sebagai aksi nyata atas penolakan tersebut.

“Kami warga Batu Beriga, menolak adanya aktivitas penambangan timah laut yang dilakukan oleh para pengusaha. Karena penambangan timah ini merusak pontensi laut, dan juga sangat menganggu kami para nelayan,” ujar Abdul Gani, selaku Kepala Desa Batu Beriga, Jum’at (11/10/2019).

Dilanjutkan Abdul Gani, deklarasi yang dilakukan ini merupakan inisiatif dari masyarakat Desa Batu Beriga, yang resah adanya informasi akan adanya tambang timah laut IUP PT Timah.

“Deklarasi ini inisiatif warga, yang resah adanya informasi tambang timah laut IUP PT Timah. Apapun alasannya, yang jelas kami menolak adanya tambang timah laut, karena Laut merupakan sumber kehidupan kami yang mayoritas masyarakat nelayan,” tuturnya.

Masih kata Abdul Gani, jika tambang timah laut ini tetap beroperasi, sudah jelas dapat merusak sumber perekonomian masyarakat Desa Batu Beriga.

“Sampai kapanpun kami dari pihak Desa, tidak akan pernah membiarkan penambangan timah beroperasi pantai Desa Batu Beriga,” pungkasnya. (Yan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *