Pengusaha Asal Singapura Dilaporkan ke Bareskrim, Ini Masalahnya!

  • Whatsapp
DR. Adistya Sunggara, SH. MH

PANGKALPINANG — Pengusaha asal Singapura, Wong Kwet Yong alias David Wong, kabarnya dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Dra. Yana Julia Suhendar. Laporan Polisi terhadap David Wong itu teregister dengan nomor: 209/X/2018/BARESKRIM, tanggal 28 September 2018.

Demikian diungkapkan kuasa hukum pelapor, DR. Adistya Sunggara, SH. MH di Pangkalpinang, pada Selasa (05/11/2019) petang.

Muat Lebih

Menurut DR. Adistya Sunggara, SH. MH, laporan terhadap David Wong itu atas dugaan peristiwa tindak pidana pengrusakan dan atau penggelapan atas objek Kapal Isap Produksi Mentracol. Saat kejadian, KIP Mentracol itu berada di Belinyu.

“Jadi laporan itu sudah 28 September 2018, saat ini proses penyidikan di Subdit V Tipidum Bareskrim Polri,” ungkap DR. Adistya Sunggara, SH. MH.

DR. Adistya Sunggara, SH. MH menuturkan, saat kejadian status hukum Kapal Mentracol itu masih milik kliennya, Dra. Yana Julia Suhendar. Oleh pihak terlapor, Kapal Mentracol itu diduga dipindahkan, kemudian dilakukan pemotongan.

“Status hukum kapal itu sebagian masih milik klien kita. Kemudian tanpa seizin klien kita, dipindahkan. Setelah dipindahkan, mereka melakukan pemotongan-pemotongan, yang diduga atas pemotongan-pemotongan ini, barang-barang sudah tidak ada lagi. Dan ada indikasi barang-barang ini sudah dijual kepada pihak lain,” bebernya.

Kasus ini sudah dilaporkan pada 28 September 2018, artinya sudah lebih dari setahun. Untuk itu DR. Adistya Sunggara, SH. MH berharap kepada kepada penyidik Subdit V Tipidum Bareskrim Polri, agar melakukan proses hukum lebih lanjut, sehingga perkara itu dapat segera disidangkan.

“Berhubung juga sudah dari 2018 kami melapor, harapan kami segera ada penetapan status tersangka atas laporan kami tadi. Kemudian agar perkara ini segera juga untuk dilakukan proses penegakan hukum lebih lanjut, seperti pengiriman berkas (perkara) ke jaksa, sehingga dapat disidangkan demi kepastian hukumnya,” kata dia.

Terkait status WNA terlapor, DR. Adistya Sunggara, SH. MH juga mempertanyakan VISA yang digunakan David Wong.

“Terlapor ini warga negara asing, dia warga negara Singapura yang sering bolak-balik ke Bangka Belitung. Nah, ini juga kami pertanyakan VISA-nya. Apakah dia punya izin tempat tinggal atau izin kerja?” imbuhnya.

Belum lama ini, tim penyidik dari Subdit V Tipidum Bareskrim Polri yang dipimpin AKBP Eriyanto, SH. MH, meminta keterangan dari IM, pengusaha asal Sungailiat. Pemeriksaan berlangsung di Mapolres Bangka, pada Rabu (23/10/2019) siang. Diduga, pemeriksaan terhadap IM itu juga terkait pelaporan terhadap David Wong.

Kuasa hukum terlapor, Iwan Prahara, SH, membenarkan kehadirannya di Polres Bangka pada saat itu dalam rangka mendampingi kliennya yang diperiksa oleh penyidik Bareskrim Polri.

Dia juga membenarkan, jika pemeriksaan itu berkaitan dengan pelaporan terhadap David Wong. Namun dia belum bisa berkomentar banyak.

“Iya, benar. Nanti saya telfon lagi, ya?” ujar Iwan Prahara, SH pada Selasa petang.

Penyidik Subdit V Tipidum Bareskrim Polri, AKBP Eriyanto, juga membenarkan pemeriksaan terhadap IM di Polres Bangka belum lama ini, berkaitan dengan pelaporan terhadap Davit Wong. Namun ia enggan berkomentar lebih jauh.

“Iya, memang. Tapi nantilah itu,” ujar mantan penyidik Tipikor Polda Babel ini via ponselnya, Selasa petang.

Sementara hingga berita ini diturunkan, David Wong belum menjawab konfirmasi. Demikian juga dengan IM, masih diupayakan konfirmasinya. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *