Anggaran Pengamanan Pilkada 2020, Kodim Masih Menunggu Jawaban Pemkab Babar

  • Whatsapp
Dandim 0431/BB, Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa ngopi santai dengan jurnalis Bangka Barat di Kantin Kodim 0431 Bangka Barat, Kamis ( 23/1/2020 ) pagi.

BANGKA BARAT — Kodim 0431 Bangka Barat telah mengajukan anggaran untuk pengamanan perhelatan pesta demokrasi Pilkada 2020, namun masih belum ada jawaban dari Pemda Kabupaten Bangka Barat.

Dandim 0431/BB, Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa mengatakan, jumlah total anggaran pengamanan Pilkada Bangka Barat yang pihaknya ajukan sebesar Rp. 1 milyar.

Muat Lebih

” Bangka Tengah sekitar 1 M, kita sama 1 M juga, Polres Bangka Barat 3 M. Kita sama Polres masih menunggu jawaban dari Pemda. Saya mengacu seperti Kodim Bangka, kalau Polres dia punya hitungan sendiri sekitar 2 koma sekian lah, cuma kalau Polres Bangka Tengah itu sudah fix 3 M dapatnya, sudah MoU,” jelas Dandim Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa saat ngopi santai bersama awak media di Kantin Markas Kodim 0431 Bangka Barat di Dusun Daya Baru Desa Air Belo, Muntok, Kamis ( 23/1/2020 ) pagi.

Agung menjelaskan, sebelumnya anggaran pengamanan Pemilu Kodim dan Polres memang disatukan, setelah dananya turun, baru dibagikan masing – masing sesuai kebutuhan. Tapi untuk Pilkada kali ini, pengajuannya dilakukan terpisah.

Jumlah personel yang akan diterjunkan untuk Pilkada kata Agung sebanyak 120 personel.

” Total personelnya 120, itu sudah hitungannya ada bantuan perkuatan dari Korem. Disini 100, 20 perkuatan dari Korem,” katanya.

Menurutnya, pengaman akan dilakukan menyeluruh dari tahapan pendaftaran Paslon bupati dan wakil hingga ke tahap penghitungan suara.

Lanjut Agung, anggaran sebesar satu milyar tersebut nantinya akan digunakan untuk operasional pengamanan.

” Yang jelas buat makannya personel, pergerakan pasukan dan lain – lain, butuh BBM pulang balik itu kan,” ujarnya.

Namun sebut Dandim, bila anggaran yang didapat ternyata kurang dari jumlah yang diajukan, pihaknya akan kalkulasi ulang serta mengurangi jumlah personel yang akan diturunkan dalam pengamanan nanti.

” Ini kembali lagi ke Pemda, kita kan hitung dong jangan sampai anggota saya terlantar. 1 M itu perkiraannya cukup, kalau dibawah itu saya hitung lagi jumlah personel, yang Korem kita kurangi,” pungkasnya. ( SK )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *