Dari 122 Pendaftar PPK, KPU Babar akan Pilih 5 Terbaik per Kecamatan

  • Whatsapp
Ketua KPU Bangka Barat, Pardi beserta jajarannya pada Konferensi Pers tahapan Pilkada 2020 di Orange Cafe Muntok, Rabu ( 29/1/2020 ) pagi.

BANGKA BARAT — KPU Bangka Barat telah mulai melaksanakan tahapan – tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Barat 2020 yang akan digelar pada bulan September 2020 mendatang.

Dua agenda terdekat yang akan dilaksanakan yaitu, seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) dan Launching Maskot dan Jingle Pilkada Bangka Barat 2020.

Muat Lebih

Ketua KPU Bangka Barat, Pardi mengatakan, seleksi tertulis calon PPK akan dilaksanakan tanggal 30 Januari 2020 di SMP Negeri 1 Muntok Jalan Jenderal Sudirman, sedangkan launching maskot dan jingle Pilkada akan digelar pada tanggal 2 Februari 2020 di Lapangan Volli Bina Jaya depan Kantor KPU Bangka Barat di Jalan Jenderal Sudirman Muntok.

” Kalau di Bangka Barat tema lagu kita Pemilu yang bersih jujur dan adil. Dan sudah kita perdengarkan di radio. Untuk maskot kita launching di hari H tanggal 2 Februari,” kata Pardi membuka jumpa pers di Orange Cafe Jalan Raya Peltim, Muntok, Rabu ( 29/1/2020 ) pagi.

Kordiv Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Bangka Barat, Yulizar menambahkan, proses rekruitment calon PPK telah menyelesaikan tahapan administrasi. Jumlah pendaftar yang pihaknya terima sebanyak 122 orang dari enam kecamatan di Bangka Barat.

Dari jumlah tersebut dikerucutkan menjadi 116 orang yang akan mengikuti test tertulis.

” Berarti ada enam kandidat yang terpaksa tidak kita luluskan dalam seleksi administrasi, karena pertama terkait syarat mereka yang tidak terpenuhi, ada keterlibatan di parpol, kurang lebih ada tiga orang, kemudian ada juga yang sudah dua periode, ada juga yang tidak cukup syarat, jadi tidak bisa kita loloskan ke tahap berikutnya untuk test tertulis, ada juga yang KTP-nya bukan KTP Bangka Barat,” beber Yulizar.

Test tertulis nanti lanjut dia, dilakukan dengan menggunakan metode Computer Assisted Test ( CAT ) yaitu menggunakan komputer di laboratorium komputer SMPN 1.

Test tertulis akan dibagi menjadi tiga sesi mengingat keterbatasan komputer dan ruangan yang tersedia.

” CAT ini test-nya kalau memang nilainya satu, ya satu, jadi asli hasil dari apa yang dijawab. Jadi enternya finishingnya itu nanti itu lah nilainya.Karena nanti ke depan untuk kita penyelenggara tentu akan banyak kegiatan yang berhubungan dengan komputer nantinya. Jadi itu nanti akan menjadi dasar kita di kemudian hari kawan – kawan kita di tingkat kecamatan, PPK terbiasa untuk mengolah data dengan sistem,”jelasnya.

Setelah test tertulis selesai, KPU akan mengambil 10 orang perkecamatan untuk mengikuti test wawancara. Hasil akhirnya, per kecamatan akan dipilih lima orang terbaik yang akan menjadi anggota PPK dan akan mulai bertugas pada bulan Maret 2020 mendatang.

” Pada akhirnya nanti kita akan mengambil lima terbaik sesuai dengan peringkat dari 10 orang tadi. Jadi sekitar Maret mereka sudah mulai starting sudah mulai bekerja sebagai penyelenggara di tingkat kecamatan,” tandas Yulizar.

Selain sejumlah wartawan dari berbagai media, konferensi pers juga dihadiri Divisi Teknis Penyelenggara Harpandi, Divisi Hukum dan Pengawasan, Nelly Herawati, Divisi Perencana, Data dan Informasi, Henny Afriani serta segenap staf KPU Bangka Barat. ( SK )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *