Penjara Seumur Hidup Menanti Tiga Kawanan Penyelundup Ribuan Butir Pil Ekstasi

  • Whatsapp
Tiga terdakwa penyelundupan narkoba, Hengki Dunan Siagian, Andi Agus dan Alvin Mubarok di PN Muntok.

BANGKA BARAT — Pidana kurungan seumur hidup menunggu tiga terdakwa pengedar narkoba antar provinsi, Hengki Dunan Siagian, Andi Agus dan Alvin Mubarok.

Jaksa Penuntut Umum ( JPU ) Kejaksaan Negeri Bangka Barat, M. Arif mengatakan hal itu di Pengadilan Negeri Muntok di Jalan Hos Cokroaminoto, Kelurahan Sungai Daeng, Kamis ( 16/1/2020 ) siang.

Muat Lebih

Arif menerangkan, tuntutan tersebut telah ia bacakan pada sidang lanjutan tiga terdakwa tersebut pada Selasa ( 7/1/2020 ) lalu di Pengadilan Negeri Muntok.

” Ketiga terdakwa Hengki, Andi dan Alvin ditutut dengan pidana penjara seumur hidup. Tanggal 21 Januari mendatang masuk ke agenda pembelaan,” ujar Arif.

Alasan Arif menuntut seumur hidup, salah satunya karena ketiga terdakwa memiliki pil ekstasi dengan jumlah fantastis hingga ribuan butir.

Apalagi lanjut dia, penyelundupan yang dilakukan kawanan itu cukup terorganisir, bahkan ketiganya berusaha mengelabui petugas dengan menggunakan dua mobil.

” Mobil pertama, digunakan para pelaku untuk memantau situasi sepanjang perjalan menuju pelabuhan Tanjung Kalian Muntok,” tukasnya.

Ditambah lagi, ini bukan kali pertama ketiga terdakwa meloloskan narkoba ke Bangka melalui Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok.

” Pertimbangannya itu, selain enam kilogram sabu ketiganya juga terbukti memasok pil ekstasi yang jumlahnya hampir 5000 butir. Mereka juga sengaja menggunakan dua mobil, dimana mobil pertama bertindak sebagai patwal yang berjalan duluan. Mereka juga telah tiga kali memasok narkoba ke pulau Bangka,” tuturnya.

Hengki Dunan Siagian, Andi Agus dan Alvin Mubarok diseret ke meja hijau setelah ditangkap tim gabungan BNNP dan Direktorat Narkoba Polda Babel, di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat pada Minggu ( 12/5/2019 ) silam.

Tim gabungan mendapatkan informasi akan ada pengiriman narkotika jenis sabu dari Malaysia melalui Selat Panjang menuju wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok.

Narkoba tersebut akan dibawa empat orang kurir dengan menggunakan mobil Toyota Innova dari arah Tembilahan menuju kota Palembang.

Sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan dari para terdakwa diantaranya, 6 bungkus sabu masing-masing seberat 1 kilogram, plastik berisikan 3.029 butir pil ekstasi warna hijau, satu plastik berisi 1.758 butir pil ekstasi warna biru, satu plastik ukuran sedang berisi 31 butir pil ekstasi warna orange, satu unit  mobil Toyota Kijang Innova No Pol. BG 1366 ZF dan sejumlah barang bukti lainnya. ( SK )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *