Iq Disangka Melanggar Pasal Ini

  • Whatsapp
Gambar ilustrasi

BANGKA — Penyidik Reskrim Polsek Riau Silip telah menetapkan Iq (45) sebagai tersangka. Pengusaha tambang timah asal Belinyu itu, disangka melanggar Pasal 158 Undang-Undang RI Nmor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral Dan Batubara.

Demikian diungapkan Kapolsek Riau Silip, IPTU Jumpatua Simanjorang, seizin Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono, pada Kamis (13/02/2020) malam.

Muat Lebih

“Pasal 158 UU Pertambangan Minerba,” kata IPTU Jumpa Tua.

Terkait kemungkinan tersangka Iq akan dijerat dengan pasal yang lain, IPTU Jumpatua menyatakan prosesnya masih berjalan.

“Sementara pakai 158 (Minerba). Kita kan ada koordinasi juga nantinya dengan kejaksaan. Prosesnya masih berjalan,” bebernya.

Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Di Belinyu, Fariz Oktan, membenarkan pasal yang disangkakan oleh penyidik Polsek Riau Silip tersebut.

“Pasal 158 UU No 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Minerba,” kata Fariz Oktan, Kamis malam, seizin Kajari Bangka.

Dikabarkan sebelumnya, Polsek Riau Silip menangani kasus kecelakaan kerja di tambang timah yang diduga ilegal. Lokasi tambang itu berada di Dusun Tirus, Desa Riau, Kecamatan Riau Silip.

Kecelakaan itu menyebabkan Warto alias Ucrit (37), warga Simpang Tiga, Kecamatan Belinyu, meninggal dunia di tempat kejadian, lantaran tertimbun tanah setinggi 9 meter.

Setelah melakukan rangkaian penyelidikan dan penyidikan, penyidik Polsek Riau Silip kemudian menetapkan Iq, warga Belinyu, terduga pemilik tambang timah ilegal itu sebagai tersangka. Menurut kabar yang beredar, lokasi tambang ilegal itu diduga berada di kawasan hutan produksi. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *