Panwascam Mendapat Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

  • Whatsapp

BANGKA TENGAH — Seluruh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan yang berada di Kabupaten Bangka Tengah, mendapatkan jaminan perlindungan ketenagakerjaan dari Bawaslu Bangka Tengah.

Hal itu di sampaikan Robianto ketua Bawaslu Bangka Tengah, menurutnya pelindungan asuransi ketenagakerjaan wajib di berikan kepada anggota pengawas Pemilu Kecamatan, mengingat Pilkada serentak Tahun 2020 saat ini sudah memasuki tahapan persiapan.

Muat Lebih

“Pilkada 2020 memasuki masa persiapan, dan itu akan terjadi kesibukan yang luar biasa, sehingga kesehatanpun agak terabaikan, karena tingginya intensitas pekerjaan, Untuk itu, kami Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah bergerak cepat dalam memberikan jaminan perlindungan asuransi bagi jajaran Pengawas Adhoc tingkat kecamatan, para pengawas pemilu ini kita dilindungi oleh asuransi ketenagakerjaan (BPJS),” ujarnya, Rabu (05/02/2020).

Dikatakan Ronianto, Sebelumnya pihak Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pangkalpinang di Kantor Bawaslu Kabupaten Bateng, pada Selasa (21/01/2020) lalu.

“Perlindungan asuransi yang diberikan tersebut meliputi jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Perlindungan asuransi BPJS Ketenagakerjaan ini diberikan bagi Ketua dan Anggota Panwascam, PPL, dan Pengawas TPS sesuai dengan masa kerja masing-masing atau selama aktif sebagai Pengawas Adhoc,” lanjutnya.

Dilanjutkan Robianto, Dasar kita melakukan MoU ini surat Bawaslu RI terkait pokok-pokok penganggaran dalam pengawasan Pilkada serentak Tahun 2020. Mereka diikutsetakan selama bertugas pada Pilkada 2020.

“Muo ini berdasarkan surat edaran dari Bawaslu RI. Tercatat ada 18 orang pengawas tingkat kecamatan yang merupakan Ketua dan Anggota Panwas Kecamatan se-Kabupaten Bangka Tengah. Sedangkan untuk PPL dan Pengawas TPS pada saat terbentuk nanti, BPJS Ketenagakerjaan langsung aktif setelah pelantikan,” jelasnya.

Robianto berharap, Dengan aktifnya jaminan perlindungan asuransi tersebut, dapat diiringi dengan peningkatan kinerja oleh jajaran Panwas Kecamatan.

“Jaminan perlindungan asuransi oleh BPJS Ketenagakerjaan ini juga akan diikutsertakan oleh seluruh pimpinan Bawaslu Kabupaten dan seluruh staf Bawaslu Kabupaten. Namun, untuk tingkat kabupaten ini keikutsertaannya secara mandiri. Selain itu, juga akan kita ikutsertakan seluruh staf Panwas Kecamatan yg jumlahnya setiap kecamatan sebanyak 6 orang dengan total 36 orang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pangkalpinang, Y. Aris Daryanto mengatakan bahwa kerjasama ini dijalin untuk memberikan jaminan perlindungan bagi anggota pengawas yang bertugas di lapangan, agar lebih tenang dalam bekerja.

“Kita sangat mengapresiasi atas program dari Bawaslu Bateng yang kami nilai sangat menyadari betul perlunya perlindungan diri bagi setiap pekerja. Sebelumnya kita sudah melakukan sosialisasi tentang manfaat dari keikutsertaan dalam BPJS Ketenagakerjaan yang disampaikan oleh perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pangkalpinang, termasuk manfaat, tata cara klaim, dan perlindungan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta asuransi kepada seluruh Ketua dan Anggota Panwascam, serta staf Bawaslu Kabupaten Bateng. Semoga bisa membuat rasa aman bagi Panwas Kecamatan dalam bekerja,” pungkasnya. (Yan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *