Ini Resep Bikin Disinfektan Mandiri dari dr. Hendra

  • Whatsapp
Juru bicara Covid - 19 dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, dr. Hendra di Kantor PMI Bangka Barat, Rabu ( 25/3/2020 ) siang.

BANGKA BARAT — Ditengah ancaman penularan virus Corona di berbagai daerah, masyarakat dihadapkan dengan sulitnya mendapatkan cairan disinfektan, disamping kelangkaan masker dan hand sanitizer.

Namun ternyata cairan disinfektan bisa dibuat sendiri dengan bahan – bahan yang mudah didapat dipasaran.

Muat Lebih

Juru bicara Covid – 19 sekaligus Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, dr. Hendra mempunyai resep sederhana untuk membuat cairan disinfektan.

Menurutnya, bahan yang dibutuhkan untuk membuat disinfektan adalah cairan pembersih merk apa saja yang mengandung chlorine.

” Disinfektan permukaan disarankan bisa pakai chlorine, di dalam Bayclin ( pemutih pakaian ) itu kandungannya chlorine, tapi banyak merk lain, yang penting kandungannya chlorine,” jelas dr. Hendra di Kantor PMI Bangka Barat, Muntok, Rabu ( 25/3/2020 ) siang.

Cara membuatnya kata dia, satu banding sembilan, yaitu satu liter cairan Bayclin dicampur ke dalam air sebanyak sembilan liter. Selanjutnya, cairan itu dapat disemprot dengan alat penyempot apa saja, termasuk alat semprot untuk tanaman.

” Selain Baycin, bisa juga pakai Wipol. Takarannya satu liter air dicampur dua tutup Wipol,” tambahnya.

Namun sepuluh atau dua puluh menit setelah penyemprotan, dr. Hendra menyarankan untuk pegangan pintu atau peralatan apa saja yang berbahan logam agar dibilas kembali dengan air biasa.

” Setelah sepuluh atau dua puluh menit dibilas pakai air biasa. Tapi kalau dinding nggk apa – apa, pemegang pintu atau bahan logam nanti karat kalau nggak dibilas,” pungkasnya. ( SK )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *