215 Orang Napi Dapat REMISI, 18 Orang Langsung Bebas

  • Whatsapp

IMG_3591

KABARBANGKA.COM – Sungailiat

Bacaan Lainnya

Dalam rangka memperingati HUT RI ke 71, Lembaga Pemasyarakatan (LP) Bukit Semut Sungailiat mengelar acara pemberian REMISI, atau pengurangan masa tahanan kepada Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Bukit Semut Sungailiat, Rabu (17/08/2016).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (LP) Bukit Semut Sungailiat, Sopyan SH mengatakan, pemberian remisi atau pengurangan masa tahanan bagi para warga binaan dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati HUT RI ke 70, sesuai yang diamanatkan oleh Undang-Undang No. 12 tahun 1965 tentang pemasyaratan.

Para warga binaan lembaga pemasyarakatan yang berkelakuan baik akan mendapatkan pengurangan masa tahanan atau remisi, yang diberikan dalam setahun, baik itu remisi umum yang diberikan pada peringatan hari besar keagamaan dan remisi khusus, misalkan setiap memperingati HUT RI.

Sopyan mengatakan, adapun narapidana yang mendapat remisi khusus dalam rangka memperingati HUT RI ke 71,di tahun 2016, berjumlah 215 orang warga binaan, dengan rincian, yang mendapat remisi selama 1 bulan sebanyak 84 orang, untuk 2 bulan sebanyak 61 orang napi, 3 bulan sebanyak 50 orang, 4 bulan sebanyak 14 orang, 5 bulan sebanyak 6 orang dan pemotongan tahanan 6 bulan sebanyak 1 orang narapidana. Dan dari sejumlah narapidana yang mendapat remisi tersebut, sebanyak 18 orang lansung dinyatakan bebas.

Hadir pada acara pemberian remisi khusus di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Bukit Semut Sungailiat tersebut, Wakil Bupati Bangka Drs Rustamsyah, Ketua DPRD Bangka Parulian Napitupulu SIP, Kapolres Bangka AKBP Sekar Maulana SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Supardi SH, Ketua Pengadilan Negeri Sungailiat serta para SKPD di lingkungan Pemkab Bangka.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (LP) Bukit Semut Sungailiat Sopyan mengatakan untuk ideal daya tampung Lembaga Pemasyarakatan (LP) Bukit Semut Sungailiat sebanyak 160 orang warga binaan tetapi jumlah penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) Bukit Semut Sungailiat, sudah over kapasitas, 482 orang over kapasitas sudah sangat luar biasa.

“Langkah yang kita ambil untuk mengurangi agar jangan terlalu over kapasitas, dengan memindahkan narapidana narkoba di Lapas Narkotika yang ada di Pangkalpinang,” ujar Sopyan SH.

Ketika ditanya wartawan, terkait adanya isu, kalau ada sel blok khusus atau istimewah bagi narapidan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Bukit Semut Sungailiat, lansung dibantah oleh Sopyan.

” Tidak ada sel blok khusus atau istimewah di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Bukit Semut Sungailiat, semuanya sama, yang membedakan yakni ada sel blok wanita, sel blok anak, sel blok narkoba dan blok tindak pidana umum,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk mencegah dan antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan misal, narapida kabur, berkelahi karena kondisi lapas yang over kapasitas, pihak lapas terus melakukan peningkatan, memperketat keamanan dan juga melakukan pembinaan kepada para narapidana bekerjasama pihak ketiga misalkan Pemkab Bangka, baik bekal pendidikan melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) dan juga bekal ketrampilan misal cetak batako dan ketrampilan lainnya, sehingga nanti setelah mereka bebas sudah ada bekal keahlian bagi mereka. (Red/Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan